EKSPERIMENTASI VIRTUAL LEARNING DENGAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK

FANNY, KUSUMANINGTYAS (2022) EKSPERIMENTASI VIRTUAL LEARNING DENGAN PENDEKATAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FANNY_KUSUMANINGTYAS[1].pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Representasi matematis dan Pemahaman konsep dalam pembelajaran matematika merupakan suatu pemahaman yang perlu dikuasai agar mempermudah peserta didik dalam proses belajar dan menyelesaikan berbagai permasalahan matematis. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: 1). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran virtual learning dengan pendekatan student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan representasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik, 2). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran virtual learning dengan pendekatan student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan representasi matematis peserta didik, 3). Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran virtual learning dengan pendekatan student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis eksperimen yang dipakai dalam penelitian ialah true experimental design dengan jenis posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampling yaitu sampling jenuh kelas dimana kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes representasi matematis dan tes pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji One-way Multivariate Analysis of Varians dengan taraf signifikansi 5% Hasil penelitian ini yaitu Terdapat pengaruh virtual learning dengan pendekatan student facilitator and explaining (SFAE) terhadap kemampuan representasi matematis dan kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Kata Kunci: Virtual Learning, Student Facilitator and Explaining (SFAE) , Pemahaman Konsep dan Representasi Matematis

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:38
Last Modified: 08 Aug 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20383

Actions (login required)

View Item View Item