PENGARUH PELAYANAN DIGITAL TRANSAKSI DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kc. Kedaton Bandar Lampung)

SAZKIA, ANDHITA (2022) PENGARUH PELAYANAN DIGITAL TRANSAKSI DAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DI MASA PANDEMI COVID-19 DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Indonesia Kc. Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi saskia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemunculan covid-19 di akhir tahun 2019, memaksa Pemerintah Republik Indonesia menerapkan kebijakan pandemi di beberapa daerah di Indonesia. Kondisi Ini membuat aktivitas ekonomi ikut terdampak, termasuk perbankan syariah. Semua bank mengalami gejolak pada fungsinya dan cenderung naik turun dari segi pembiayaan maupun penghimpunan. Penurunan tingkat kepuasan nasabah pada BSI Kc Kedaton menjadi permasalahan perbankan di Indonesia, karena kepuasan nasabah sangat penting dalam suatu perbankan. Tidak dapat dipungkiri proses digitalisasi layanan publik masih belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh peningkatan transaksi digital dan teknologi informasi pada masa pandemi Covid-19 pada BSI di wilayah Bandar Lampung yang sedang atau pernah menggunakan transaksi digital dan teknologi informasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuanti.Skripsi ini dibantu dengan menggunakan SPSS versi 25. Tujuan dari penelitian ialah untuk mengetahui apakah signifikan transaksi digital dan teknologi informasi dimasa pandemi covid-19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peningkatan transaksi digital dan teknologi berpengaruh positif signifikan di masa pandemi covid-19. Berdasarkan hasil penelitian Pelayanan Digital Transaksi berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah. Teknologi Informasi Berpengaruh Positif Dan Signifikan Terhadap Kepuasan Nasabah Pelayanan Digital Transaksi dan Teknologi Informasi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah Pelayanan digital transaksi dalam perspektif Islam diperbolehkan. Namun, dalam melakukan transaksi jual beli seorang muslim harus tetap memegang teguh iman dan takut kepada Allah dalam segala jenis bentuk perdagangan. Kemudian, pada dasarnya Islam, tidak melarang perkembangan dan kemajuan teknologi karena memang hukum asalnya boleh. Oleh karenanya, sebagai seorang muslim yang sejati, hendaknya kita menempatkan alat-alat teknologi ini untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa Ta'ala dan sebagai lahan pahala bagi kita berupa dakwah, silaturrahmi, dan sebagainya. Hendaknya kita ingat bahwa kemudahan seorang di dalam maksiat bukanlah pertanda bahwa Allah meridhainya. Lalu, Dalam perspektif Islam, yang menjadi tolak ukur dalam menilai kepuasan pelanggan adalah standar syariah. Kepuasan nasabah dalam pandangan syariah adalah tingkat perbandingan antara harapan terhadap produk atau jasa yang seharusnya sesuai syariah dengan kenyataan yang diterima. Kata Kunci : Transaksi Digital, Teknologi Informasi, Pandemi Covid-19 ABSTRACT The emergence of COVID-19 at the end of 2019, forced the Government of the Republic of Indonesia to implement a pandemic policy in several regions in Indonesia. This condition makes economic activities participate, including Islamic banking. All banks experienced fluctuations in their capabilities and tended to fluctuate in terms of financing and collection. The decrease in the level of customer satisfaction at BSI Kc Kedaton is a banking problem in Indonesia, because customer satisfaction is very important in a banking. It is undeniable that the process of digitizing public services is still not optimal. This study aims to analyze the effect of increasing digital transactions and information technology during the Covid-19 pandemic at BSI in the Bandar Lampung area who are currently or have used digital transactions and information technology. The method used in this study is quantitative method. This thesis was assisted by using SPSS version 25. The purpose of this study was to determine whether digital transactions and information technology were significant during the covid-19 pandemic. The results of this study indicate that the increase in digital and technological transactions has a significant positive effect during the covid-19 pandemic. Results Based on research, Digital Transaction Services have a significant effect on visitors. Information Technology has a Positive and Significant Effect in Dealing with Customers of Digital Transaction Services and Technology simultaneously has a significant effect on customers of digital transaction services in the permitted Islamic perspective. However, in conducting buying and selling transactions, a Muslim must still hold fast to faith and fear Allah in all types of trade. Then, basically Islam does not prohibit the development and advancement of technology because the original law is allowed. Therefore, as a true Muslim, we put these technological tools to get closer to Allah Subhanahu wa Ta'ala and as a reward for us in the form of da'wah, friendship, and so on. We should remember that there is ease in disobedience, because it is a sign that Allah is pleased with it. Then, in an Islamic perspective, the benchmark in assessing customer satisfaction is sharia standards. The customer's view in the view of sharia is the comparison between expectations with products or services that should be in accordance with sharia and the reality that is accepted. Keywords: Digital Transactions, Information Technology, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:45
Last Modified: 08 Aug 2022 02:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20367

Actions (login required)

View Item View Item