PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PELAJARAN SKI KELAS IV MASA PANDEMIC COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG

DENI, KURNIAWAN (2022) PENERAPAN PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA PELAJARAN SKI KELAS IV MASA PANDEMIC COVID-19 DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN  5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DENI KURNIAWAN.pdf] PDF
Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Wabah Covid-19 mengharuskan semua lembaga pendidikan untuk melakukan inovasi dalam pembelajaran harus dilakukan dengan model pembelajaran jarak jauh secara online.Namun, untuk daerah yang termaksud zonz hijau, pembelajaran tatap muka masih bisa dilakukan dengan waktu yang terbatas serta mematuhi protocol kesehatan. Dengan kondisi seperti ini, salah satu inovasi pembelajaran yang bisa dilakukan oleh madrasa adalah pembelajarab berbasis blended learning, yaitu model pembelajaran yang memadukan antara pembelajaran liring atau tatap muka dengan pembelajaran daring. Di antara madrasah yang menerapkan model pembelajaran berbahis blended learning, dimasa pandemic covid�19 ialah min 6 bandar lampung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahuan perencanan pembelajaran berdasarkan blended learning dimasa pandemik Covid-19 di MIN6 Bandar Lampung (2) mengetahui impelementasi pembelajaran berdasarkan blended learning pada masa pandemik Covid�19 di MIN 6 Bandar Lampung (3) mengetahui evaluasi pembelajaran berdasarkan blended learning pada masa pandemik Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptifdengan pendekatan kualitatif. Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah studi multi�situs dengan subjek penelitian di MIN 6 Bandar Lampung, yang pokusnya adalah menejemen pembelajaran berbasis blended learning pada masa pandemik Covid-19 adapun sumber data dalam penelitian ini tebagi menjadi dua, yaitu data sekunder dan sekunder. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi studi obserpasi, wawancara, dan studi dokumentasi.Data hasil penelitian yang diperoleh kemudian diolah dan dianalisis secara induktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahap perencanaan, madrasah merupakan kulikulum khusus, yaitu kurikulum darurat, sesuan dengan model pembelajaran blended learning dimasa pandemik Covid-19 serta menyiyapan sarana dan perasana belajar yang memadai pada tahap implementasi,pembelajaran daring disesuaykan dengan kebutuhan masing-masing guru . pada tahap evaluasi, madrasah menggunakannya melaksanakannya dengan cara luring melalui pengamanatan dan penilaian terhadap sikap dan perilaku siswa, seta ulangan harian dan akhir semester secara online berbasis website, kata kunci: Pembelajaran Blended learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Aug 2022 02:12
Last Modified: 08 Aug 2022 02:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20356

Actions (login required)

View Item View Item