FURQON, HAKIM (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM STUDI PEMIKIRAN MUHAIMIN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK Pendidikan Islam di indonesia sendiri saat ini telah banyak mengalami pertumbuhan dan perkembangan, hal ini tidak terlepas dari kerja keras intelektual muslim, para ulama, dan tokoh-tokoh Islam. Pendidikan Islam yang selanjutnya akan dikaji ini adalah berasarkan pemikiran tokoh pendidikan yang berasal dari Indonesia yaitu Muhaimin. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep pendidikan Islam menurut Muhaimin?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut Muhaimin. Penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah penelitian kepustakaan (Library Reseach), yaitu penelitian yang menggunakan buku- buku sebagai sumber data dengan fokus penelitian pada Konsep Pendidikan Islam Studi Pemikiran Muhaimin. Sumber data primer dalam penelitian ini bersumber dari karya dari pemikiran Muhaimin, yaitu Pemikiran pendidikan Islam kajian filosofis dan kerangka dasar operasionalnya, Karya Muhaimin dkk dan Rekonstruksi Pendidikan Islam, Karya Prof. Dr. Muhaimin, MA. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kepustakaan. Kemudian dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah Terdapat beberapa kritikan atau problem pendidikan islam, diantaranya meliputi beberapa aspek : a)Aspek Foundational Problems yaitu paradigma yang mengembangkan pendidikan Islam pada aspek kehidupan ukhrawi yang terpisah dengan kehidupan duniawi, atau aspek kehidupan rohani yang terpisah dengan kehidupan jasmani: b) Aspek Structural Problems; c) Aspek Operational Problems. Pada aspek tujuan pendidikan Islam terlihat pada gagasannya yang menghendaki agar lulusan pendidikan Islam tidak kalah dengan lulusan pendidikan yang belajar di sekolah-sekolah yang sudah maju, bahkan lulusan pendidikan Islam mutunya lebih baik dari lulusan sekolah-sekolah yang sudah maju. Pembaharuan pendidikan agama Islam melalui pengembangan Kurikulum dapat dilihat dari dua sudut pandang, yaitu pendidikan agama Islam sebagai fenomena dan pendidikan Islam sebagai aktifitas. Peningkatan guru pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan mengembangkan kompetensi kepribadian-religius, sosial-religius, pedagogik-religius, dan profesional-religius pada dirinya. Model pendekatan dalam pembelajaran PAI dikembangkan untuk menentukan strategi pembelajaran yang akan dilakukan. Pengembangan model pendekatan dalam pembelajaran harus mempertimbangkan karakteristik materi pelajaran yang akan disampaikan dan mempertimbangkan perkembangan usia peserta didik. Adapun dalam pengembangannya jangan hanya bertumpu pada model pendekatan pembelajaran yang telah ada. Keyword: Konsep, Pendidikan Islam, Muhaimin
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 07:32 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 07:32 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20338 |
Actions (login required)
View Item |