PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 2 NURUL HUDA ADIREJO LAMPUNG TIMUR

SISCA, NUR BAITI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs MA’ARIF 2 NURUL HUDA ADIREJO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI SISCA NUR BAITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR AQIDAH AKHLAK KELAS VIII Ts MA’ARIF 2 NURUL HUDA ADIREJOM Oleh SISCA NUR BAITI Penelitian ini berjudul “pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap hasil belajar aqidah akhlak kelas VIII MTs ma’arif 2 nurul huda Adirejo”. Permasalahan yang terjadi pada saat pembelajaran aqidah akhlak adalah rendahnya hasil belajar siswa, dikarenakan pada proses pembelajaran guru menggunakan model konvensional dimana siswa hanya mendengarkan, diskusi. Maka peneliti menggunakan model Role Playing karena siswa dapat aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Role Playing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTs ma’arif 2 nurul huda Adirejo. Salah satu cara yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Role Playing. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimen. Desain penelitian yang digunakan pada Quasy Experimen ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs ma’arif 2 nurul huda Adirejo dengan teknik pengambilan sampel adalah Purposive Sample. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen menggunakan model Role playing dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol menggunakan model Jigsaw. Teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes dalam bentuk pilihan ganda dan dokumentasi dalam bentuk foto. Berdasarkan perhitungan uji-t yang telah dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan thitung 0,780 rtabel adalah 0,361 sehingga hasilnya rhitung > rtabel yang artinya H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat ada pengaruh metode Role Playing terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran aqidah akhlak di MTs ma’arif 2 nurul huda Adirejo. Kata Kunci : Model Role Playing, hasil belajar mata pelajaran aqidah akhlak. iv ABSTRACT THE INFLUENCE OF ROLE PLAYING LEARNING MODEL ON THE AQIDAH AKHLAK LEARNING OUTCOMES FOR CLASS VIII Ts MA'ARIF 2 NURUL HUDA ADIREJOM By SISCA NUR BAITI The title of this research is "the influence of the Role Playing learning model on the learning outcomes of aqidah morals of class VIII MTs ma'arif 2 nurul huda Adirejo". The problem that occurs when learning aqidah morality is the low learning outcomes of students, because in the learning process the teacher uses a conventional model where students only listen, discuss. So the researcher uses the Role Playing model because students can be active in learning. This study aims to determine the effect of the Role Playing model on student learning outcomes in the Aqidah Morals subject at MTs Ma'arif 2 Nurul Huda Adirejo. One way that can improve student learning outcomes is by using the Role Playing model. This research is a Quasy Experiment research. The research design used in this Quasy Experiment is the Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted at MTs ma'arif 2 nurul huda Adirejo with the sampling technique was purposive sample. This study used two classes, namely class VIII A as the experimental class using the role playing model and class VIII B as the control class using the Jigsaw model. The data collection technique of this research is in the form of multiple choice tests and documentation in the form of photographs. Based on the t-test calculations that have been carried out in the experimental class and control class, it is obtained that tcount 0.780 rtable is 0.361 so that the result is rcount > rtable, which means H1 is accepted and H0 is rejected. So, it can be concluded that there is an influence of the Role Playing method on student learning o Keywords: Role Playing Model, learning outcomes of moral aqidah subjects. utcomes in the Aqidah Morals subject at MTs Ma'arif 2 Nurul Huda Adirejo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:51
Last Modified: 04 Aug 2022 07:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20321

Actions (login required)

View Item View Item