EFEKTIVITAS PENDAFTARAN ONLINE BERDASARKAN IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR NO 51 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (Studi Kasus RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung)

DAMAYANTI, NUR AZIZAH (2022) EFEKTIVITAS PENDAFTARAN ONLINE BERDASARKAN IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR NO 51 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (Studi Kasus RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DAMAY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENDAFTARAN ONLINE BERDASARKAN IMPLEMENTASI PERATURAN GUBERNUR NO 51 TAHUN 2020 TENTANG TATA KELOLA SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK (Studi Kasus RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Lampung) Oleh: Damayanti Nur Azizah Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang dilaksanakan oleh Pemerintah melalui Instansi RSUD Dr. H Abdul Meoloek Lampung masih dihadapkan pada sistem yang masih cukup baru. Hal ini terlihat adanya kuota terbatas dalam setiap harinya, sarana dan prasarana serta tingkat informasi yang perlu ditingkatkan lagi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Peraturan Gubernur No 51 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian Kualitatif yang bersifat Deskrptif. Sumber data primer menggunakan Teknik Snowball Sampling. Proses analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarik kesimpulan menggunakan trianggulasi data. Teori yang digunakan adalah teori implementasi kebijakan menurut menurut Edward III, dalam hal ini peneliti ingin melihat beberapa indikatornya yaitu yaitu 1). Komunikasi (communication). 2) Sumber daya (reseources). 3) Struktur birokrasi (bureaucratic structure). dan 4) sikap pelaksana (dispotition) yang membantu peneliti menjelaskan variabel yang diteliti. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dan hasil dari pengolahan data, maka hasil penelitian ini adalah Implementasi Peraturan Gubernur No 51 Tahun 2020 Tentang Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik tersebut sudah tersosialisasikan secara baik kepada RSUD Dr. H Abdul Meoloek Lampung khususnyan di pendaftaran online yang telah diterapkan cukup baik di RSUD Dr. H Abdul Meoloek Lampung dengan menggunakan pedoman sesuai denga apa yang tertera dalam isi Peraturan Gubernur tersebut. Kebijakan ini telah meningkatkan kualitas pelayanan, kinerja pegawai dan memudahkan masyarakat untuk mendaftarkan diri di RSUD Dr. H Abdul Meoloek Lampung. Maka, dalam aspek ini dengan turunan aturan tersebut dari aturan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 mengenai Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), dalam penyelenggaraan pemerintahan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada instansi, pemerintah dan masyarakat luas. kata kunci : Peraturan Gubernur No 51 Tahun 2020, RSUD Dr. H Abdul Meoloek Lampung, Pendaftaran Online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:36
Last Modified: 04 Aug 2022 04:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20311

Actions (login required)

View Item View Item