PENERAPAN METODE PEER TUTHORING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MIS DARUL ULUM

EVA, ELA MARYUNI (2022) PENERAPAN METODE PEER TUTHORING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA KELAS V MIS DARUL ULUM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi EVA ELA MARYUNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa asing yang sangat popular dan sering sekali dipelajari oleh para pelajar, khususnya di Indonesia. Dalam perkembangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia guru atau siswa sebagai komponen utama dalam pembelajaran mengalami berbagai kesulitan dan permasalahan pembelajaran. Salah satu alternative dalam mengatasi masalah penyampaian ilmu dalam pembelajaran adalah dengan menerapkan metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan salah satu cara yang digunakan guru dalam rangka mewujudkan tujuan pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran adalah metode peer tuthoring. Penelitian ini dilaksanakan untuk menemukan apakah penerapan metode pembelajaran Peer Tuthoring dapat meningkatkan kemampuan membaca Bahasa Arab siswa kelas V MIS Darul Ulum Pantai Harapan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas. Dalam melakukan penelitian tindakan kelas maka peneliti menggunakan 2 siklus untuk mencapai tujuann penelitian. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V MS Darul Ulum Pantai Harapan. Untuk mengumpuulkan data penelitian maka metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan tutor sebaya dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V MIS Darul Ulum Pantai Harapan. Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan siswa mencapai nilai tuntas sebesar 80% sesuai dengan tujuan capaian dalam penelitian ini. Capaian dalam penelitian ini diraih setelah dilakukannya siklus I dan siklus II dengan persentase 40% capaian pada siklus I dan 84% capaian pada siklus II. Dengan demikian diharapkan semoga penerapan tutor sebaya dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas V MIS Darul Ulum Pantai Harapan dapat dilakukan secara berkelanjutan oleh guru sebagai metode alternative bagi siswa. Kata Kunci : Metode Peer Tuthoring, Kemampuan Membaca, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Aug 2022 05:17
Last Modified: 03 Aug 2022 05:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20276

Actions (login required)

View Item View Item