PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI

APRILIANI, NURHASANAH (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PUZZLE HURUF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan anak usia dini menjadi dasar pembentukan berbagai kemampuan anak. Salah satu kegiatan yang perlu ditanamkan sejak dini adalah kegiatan membaca. Pembelajaran membaca diberikan kepada anak usia dini bukanlah menjadi topik perdebatan lagi namun yang harus diperhatikan pembelajaran membaca yang diberikan dengan cara yang menarik, kreatif menyenangkan dan tanpa paksaan. Peneliti ini bertujuan untuk untuk menghasilkan bahan ajar menghasilkan produk berupa media pembelajaran papan puzzle huruf untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar pendidik di TK Ar-Rozaq I Sabah Balau. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development menggunakan prosedur penelitian dan pengembangan dari ADDIE. Langkah-langkah yang di tempuh dalam penelitian ini meliputi: Analysis, Design (Perencanaan), Development ( Pengembangan), Implementation (Penerapan), Evalucation (Evaluasi). Dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yakni subjek uji coba ahli yang meliputi ahli materi dan ahli media, serta subjek uji coba produk yaitu uji coba kelompok kecil dan kelompok besar produk yaitu pendidik di TK Ar- Rozaq I Sabah Balau. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian menggunakan teknikanalisis deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terhadap kelayakan media yang digunakan oleh ahli media menunjukkan skor 3,00 dengan kreteria “ Baik/Layak”, penilaian oleh ahli materi menunjukan skor 3,87 dengan kriteria “ Sangat Baik/Sangat Layak”, penilaian Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan produk berupa media belajar pembelajaran papan puzzle huruf yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar produk untuk meninglkatkan kemampuanmembaca permulaan anak usia dini. Kata Kunci :Media Papan Puzzle Huruf. Membaca Permulaan iii ABSTRACT Early childhood education is the basis for the formation of various abilities of children. One of the activities that need to be instilled from an early age is reading activities. Learning to read given to early childhood is not a topic of debate anymore, but what must be considered is that learning to read is given in an interesting, creative, fun and non-coercive way. This researcher aims to produce teaching materials to produce products in the form of letter puzzle board learning media to improve early childhood reading skills that are suitable for use as supporting teaching materials for educators in Ar-Rozaq I Kindergarten Sabah Balau. This type of research is Research and Development research using research and development procedures from ADDIE. The steps taken in this research include: Analysis, Design (Planning), Development ( development), Implementation (Application),Evaluation (Evaluation). In this study, it is divided into two, namely the subject of expert trials which include material experts and media experts, and the subject of product trials, namely product trials, namely educators at Ar-Rozaq I Kindergarten Sabah Balau. The data collection method used in this research is observation and documentation. The research data analysis technique used descriptive quantitative and qualitative descriptive analysis techniques. The results of the research on the feasibility of the media used by media experts showed a score of 3.00 with the criteria of "Good/Decent", the assessment by material experts showed a score of 3.87 with the criteria of "Very Good/Very Eligible", the assessment The results showed that producing a product in the form of The learning media for learning the letter puzzle board that was produced in this development research was declared suitable to be used as product teaching materials to improve early childhood reading skills. Keywords: Media Puzzle Letter Board. Beginning Reading

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:45
Last Modified: 02 Aug 2022 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20237

Actions (login required)

View Item View Item