PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 1 GADINGREJO

Lailaturrohmah, Hariyanto (2022) PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI UPT SMP NEGERI 1 GADINGREJO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LAILA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Akhlak dalam Islam menduduki posisi yang sangat penting bagi kehidupan, baik yang bersifat individual maupun kolektif. Akhlak juga merupakan cermin dari keadaan jiwa dan perilaku manusia, karena memang tidak ada seorang pun manusia yang dapat terlepas dari akhlak. Ilmu pengetahuan tanpa akhlak dapat menimbulkan kekacauan, dekadensi moral, serta penyimpangan lainnya. Oleh karena itu, perlu adanya peran guru di sekolah guna untuk membetuk peserta didik yang berakhlaku karimah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru PAI dalam pembentukan akhlak di UPT SMP Negeri 1 Gadingrejo. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang teliti secara tepat. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data secara induktif, yaitu berpijak pada fakta-fakta yang bersifat khusus, kemudian dianalisis dan akhirnya ditemukan pemecahan persoalan yang bersifat umum. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder, data primer diperoleh langsung dari responden, sedangkan data sekunder berupa teori-teori dan dokumentasi yang diperoleh dari lapangan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang di gunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI di UPT SMP Negeri 1 Gadingrejo sudah berperan aktif dalam membentuk akhlak peserta didik. Diantara peran tersebut yaitu guru PAI berperan sebagai motivator, guru PAI sebagai pembimbing, dan sebagai model. Guru dalam menjalankan perannya dengan menjaga, mengarahkan, membimbing, agar peserta didik tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi, minat, dan bakatnya. Guru juga menggunakan beberapa metode guna untuk mempermudah dalam menjalankan perannya. Metode-metode tersebut yaitu keteladanan, pembiasaan, dan mauidzah (nasihat). Selain itu juga ada faktor penunjang pembentukan akhlak seperti, lingkungan sekolah yang baik, keletadanan guru dan peran serta orang tua. Namun, ada juga faktor penghambat pembentukan akhlak peserta didik seperti, kecanduan handphone dan pergaulan teman sebaya. Kata kunci: Peran Guru PAI, Pembentukan Akhlak, dan Peserta Didik III ABSTRACT Morals in Islam occupy a very important position for life, both individually and collectively. Morals are also a reflection of the state of the soul and human behavior, because indeed no human being can be separated from morality. Science without morals can cause chaos, moral decadence, and other deviations. Therefore, there is a need for the role of teachers in schools in order to form students who have good character. This study aims to determine how the role of PAI teachers in moral formation at UPT SMP Negeri 1 Gadingrejo. This research is a research that uses a qualitative descriptive approach. Descriptive research is generally carried out systematically with facts and characteristics of objects or subjects that are carefully studied. Data collection techniques in this study used interview, documentation, and observation techniques. This study uses an inductive data analysis technique, which is based on specific facts, then analyzed and finally found a general problem solving. Sources of data used in this study are primary data sources and secondary data sources, primary data obtained directly from respondents, while secondary data in the form of theories and documentation obtained from the field. The data analysis method in this study uses data reduction steps, data presentation, and dra`wing conclusions. Test the validity of the data used in this study is triangulation of methods and triangulation of data sources. The results showed that PAI teachers at UPT SMP Negeri 1 Gadingrejo had an active role in shaping the morals of students. Among these roles, PAI teachers act as motivators, PAI teachers act as mentors, and as models. The teacher in carrying out his role by maintaining, directing, guiding, so that students grow and develop according to their potential, interests, and talents. Teachers also use several methods to make it easier to carry out their roles. These methods are exemplary, habituation, and mauidzah (advice). In addition, there are supporting factors for the formation of morals such as a good school environment, the presence of teachers and the participation of parents. However, there are also inhibiting factors for the formation of students' morals such as cellphone addiction and peer association. Keywords: PAI teacher's role, moral formation, and students

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Aug 2022 06:34
Last Modified: 02 Aug 2022 06:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20236

Actions (login required)

View Item View Item