PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MI

Yogi, Angga Prasetia (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS IV MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI Yogi Angga Prasetia.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakagi penggunaan media pembelajaran di sekolah masih sangat kurang terhadap penggunaan media yang berbentuk audio visual. Meskipun kurikulum 2013 diterapkan di sekolah, namun belum sepenuhnya dapat diterapkan bahkan masih banyak yang memakai kurikulum lama, yang hakikatnya masih memakai metode ceramah. Penelitian ini juga dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses perkembangan media pembelajaran sparkol videoscribe pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam pokok bahasan Isra‟ Mi‟raj Nabi Muhammad SAW kelas IV MI, mengetahui bagaimana kelayakan media pembelajaran sparkol videoscribe pada pembelajaran SKI materi Isra‟ Mi‟raj Nabi Muhammad SAW, serta untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media sparkol videoscribe. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada tahapan 4D dengan beberapa tahapan yaitu tahapan pendefinisian (define), tahapan perancangan (design), tahapan validasi (validitas), dan tahapan penyebaran (disseminate). Instrument pengumpulan data dilakukan dengan digunakan beberapa kuesioner yang diberikan kepada ahli media dan ahli materi untuk menguji kelayakan media serta kuesioner respon pendidik dan peserta didik untuk menguji kemenaraikan media sparkol videoscribe pada mata pelajaran SKI kelas IV MI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk berupa video pembelajaran sangat baik dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini didasarkan melalui skor penilaian yang diperoleh dari ahli materi mencapai persentase 95%, dari ahli media mencapai persentase 91%. Uji coba skala besar memperoleh penilaian persentase 93% dan uji coba sekala kecil memperoleh penilaian persentase 96%. Sehingga dapat disimpulkan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi SKI Pokok bahasan Isra‟ Mi‟raj Nabi Muhammad SAW sangat baik atau sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe iv ABSTRACT The background of this research is based on the problem, namely learning is still very lacking in the use of media in the form of audio-visual. Although the 2013 curriculum was implemented in various schools, it has not been fully implemented and even many still use the old curriculum, which in essence still uses the lecture method. The purpose of this study was to learn how sparkol videoscribe learning materials were created for the subjects of Islamic Cultural History and Isra' Mi'raj Prophet Muhammad SAW class IV MI, to determine whether such materials were feasible for use in SKI learning materials for Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW, and to assess how educators and students reacted to the sparkol videoscribe materials. The research and development (R&D) method was used in this study, and it relates to the 4D stage with its various stages, including the definition stage, the design stage, the validation stage (validity), and the dissemination stage. A variety of surveys given to media experts and material specialists were used as the tool for gathering data, together with responses from educators and students to a questionnaire designed to gauge how appealing the media sparkol videoscribe in SKI class IV MI subjects were. The findings of this study show that the learning video product is excellent and suitable for use as a teaching tool. Based on assessment ratings from media experts who reached a percentage of 91 percent and from material experts who reached a percentage of 95 percent, this is the case. Small-scale studies receive a 96 percent rating, whereas large-scale trials receive a 93 percent grade. Therefore, it can be said that the educational medium is based on the SKI content and Sparkol Videoscribe. Prophet Muhammad SAW's teachings on Isra' Miraj are excellent or highly practical as a teaching tool. Keywords: Learning Media, Sparkol Videoscribe

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jul 2022 08:04
Last Modified: 29 Jul 2022 08:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20165

Actions (login required)

View Item View Item