UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MENGGAMBAR BENTUK DI PAUD NUR ISLAM LAMPUNG SELATAN

Ajeng, Diah Wardani (2022) UPAYA MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI MELALUI MENGGAMBAR BENTUK DI PAUD NUR ISLAM LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI AJENG DIAH BAB 1 - 3.pdf] PDF
Download (372kB)
[thumbnail of SKRIPSI AJENG DIAH WARDANI 2022-1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan Kognitif adalah kemampuan anak untuk berfikir lebih kompleks serta melakukan penalaran dan pemecahan masalah, berkembangnya kemampuan kognitif ini akan mempermudah anak menguasai pengetahuan umum yang lebih luas, sehingga ia dapat berfungsi secara wajar dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. .Salah satu yang dapat diajarkan dalam pengenalan bentuk geometri di PAUD adalah melalui menggambar bentuk. Menggambar adalah media yang paling ekspresif dimana anak usia dini dapat menuangkan perasaan, ketrampilan, kreativitas, pengetahuan, dan apa yang dirasakan.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan menggambar bentuk dapat mengembangkan kemampuan bentuk geometri anak di PAUD Nur Islam Lampung Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas .Model tindakan menggunakan model Kemmis dan Taggart. Ada 2 siklus dalam 6 pertemuan terdiri beberapa tahap antara lain : 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Observasi 4) Refleksi . Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik yang berjumlah 15 peserta didik. Peran dan Posisi peneliti adalah Pelaksana Pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Data yang dihasilkan menggunakan sistem triangulasi data. Berdasarkan hasil observasi awal menggambar bentuk anak menujukkan kemampuan bentuk geometri nya masih rendah dengan hasil mencapai 40 %. Hasil penelitian kondisi setelah pelaksanaan menggambar bentuk dapat meningkatkan kemampuan bentuk geometri di PAUD Nur Islam Lampung Selatan dengan hasil siklus I mencapai 50%. Hasil Penelitian kondisi setelah pelaksanaan menggambar bentuk dapat meningkatkan kemampuan bentuk geometri di PAUD Nur Islam Lampung Selatan dengan hasil siklus II mencapai 75 %. Hal ini terlihat dari hasil observasi kemampuan bentuk geometri dalam mengenal perbedaan berdasarkan ukuran , mengklasifikasikan benda, dan mengurutkan benda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mengambar bentuk sudah berkermbang dengan baik dapat meningkatkan kemampuan bentuk geometri di PAUD Nur Islam Lampung Selatan. Kata Kunci : Menggambar bentuk,Pekembangan Kognitif, Anak Usia Dini

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 06:09
Last Modified: 28 Jul 2022 06:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20140

Actions (login required)

View Item View Item