Izzaty, Lutfiah Tahar (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI DI SMAN 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (1MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BRAIN GYM TERHADAP KETERAMPILAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK BIOLOGI DI SMAN 4 BANDAR LAMPUNG Oleh Izzaty Lutfiah Tahar ABSTRAK Pengaruh pembelajaran problem based learning berbantuan brain gym terhadap keterampilan metakognitif peserta didik biologi di SMAN 4 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Quasy Eksperimental Design. Subyek pada penelitian ini ialah peserta didik kelas X di SMAN 4 Bandar Lampung. Sampel dalam penelitian yaitu peserta didik kelas X IPA 3 sebagai kelas ekperimen dan X IPA 5 sebagai kelas kontrol. pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes berupa soal essay. data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial berupa uji T independent sample t-test. Hasil uji menunjukan bahwa terdapat perbedeaan yang signifikan anatara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hipotesis independent sample t-test. Pada uji independent sample t-test menunjukkan hasil yang didapat yaitu dengan nilai Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh model pembelajaran problem based learning berbantuan brain gym terhadap keterampilan metakognitif peserta didik biologi di SMAN 4 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Pembelajaran pembelajaran problem based learning, Brain Gym, Keterampilan Metakognitif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Biologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Jul 2022 05:23 |
Last Modified: | 28 Jul 2022 05:23 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20139 |
Actions (login required)
View Item |