PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS IV SD/MI

Dhimas, Rega Pradana (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS IV SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Dhimas Rega Pradana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan masalah yaitu pembelajaran masih sangat kurang terhadap penggunaan media yang berbentuk audio visual. Tenaga pendidik juga mempengaruhi minat belajar peserta didik, ketika seorang pendidik mampu mengambil hati peserta didik minat belajar peserta didik juga akan meningkat sehingga peserta didik lebih cepat memahami apa yang disampaikan oleh pendidik. Meskipun kurikulum 2013 diterapkan diberbagai sekolah, namun belum sepenuhnya dapat diterapkan bahkan masih banyak yang menggunakan kurikulum lama, yang hakikatnya masih menggunakan metode ceramah. Seorang pendidik seharusnya mempunyai media yang menarik untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Peserta didik akan lebih semangat dan mudah memahami sesuatu jika proses pembelajaran menggunakan media karena dapat melihat langsung kejadian yang sebenarnya dan akan sangat mendukung materi yang akan disampaikan. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model 4D dengan beberapa tahapan yaitu pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap validasi ( validitas), dan tahap peyebaran (disseminate). Validasi kelayakan dilakukan dengan dua ahli media, dua ahli materi dan dua pendidik. Uji lapangan terdiri dari uji skala kecil dengan lima belas peserta didik dan uji skala besar 30 peserta didik. Penelitian ini dilakukan di MIN 6 Bandar Lampung dan SD N 1 Margoyoso Tanggamus. Berdasarkan tahapan-tahapan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media sparkol videoscibe pada mata pelajaran PJOK memperoleh nilai rata-rata ahli media 91%, ahli materi 95% dan rata-rata pendidik 95%. Sedangkan penilaian peserta didik pada tahap uji skala kecil 96% dan uji skala besar 93%, hal ini menunjukkan media sparkol videoscribe layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe iv ABSTRACT The background of this research is based on the problem, namely learning is still very lacking in the use of media in the form of audio-visual. Educators also affect students' interest in learning, when an educator is able to win the hearts of students, students' interest in learning will also increase so that students understand more quickly what is conveyed by the educator. Although the 2013 curriculum was implemented in various schools, it has not been fully implemented and even many still use the old curriculum, which in essence still uses the lecture method. An educator should have interesting media to increase student interest in learning. Students will be more enthusiastic and easy to understand something if the learning process uses media because they can see directly the actual events and will greatly support the material to be delivered. This study uses the R&D method with a 4D model with several stages, namely definition, design stage, validation stage (validity), and dissemination stage. Feasibility validation was carried out with two media experts, two material experts and two educators. The field test consisted of a small-scale test with fifteen students and a large�scale test with 30 students. This research was conducted at MIN 6 Bandar Lampung and SD N 1 Margoyoso Tanggamus. Based on these stages, it can be concluded that the media sparkol videoscibe in PJOK subjects obtained an average value of 91% media experts, 95% material experts and 95% educators on average. While the assessment of students at the small-scale test stage was 96% and the large-scale test is 93%, this shows that the sparkol videoscribe media is feasible to use in the learning process. Keywords: Learning Media, Sparkol Videoscribe

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jul 2022 04:41
Last Modified: 28 Jul 2022 04:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20134

Actions (login required)

View Item View Item