PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BARANG BEKAS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS V MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI, JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN

Andiya, Ramadhanty (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BARANG BEKAS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS V MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI, JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of ANDIYA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTU MEDIA BARANG BEKAS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DI KELAS V MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI, JATI AGUNG, LAMPUNG SELATAN Oleh Andiya Ramadhanty Penelitian ini dilakukan di MI Nurul Islam 2 Karang Sari, Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran project based learning berbantuan media barang bekas, terhadap pemahaman konsep matematika khususnya pada materi bangun ruang di kelas V, pada tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika pada kelas V. Hal tersebut tentunya dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, diantaranya kurangnya penggunaan media atau alat peraga selama proses pembelajaran. Pendidik juga masih kurang memberikan kesempatan peserta didik untuk terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasy eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu sampling purposive, maka terpilihlah dua kelas yaitu kelas V A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran project based learning, dan V B sebagai kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran diskusi. Teknik pengumpulan data yaitu dengan tes, pemberian soal essay kepada peserta didik. Kemudian wawancara dengan wali kelas dan observasi. Hasil penelitian uji hipotesis yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol maka didapatkan sig (2 tailed) sebesar 0,02 dan taraf signifikansi yaitu α = 0,05 sehingga hasilnya sig (2 tailed) < α (0,02 < 0,05) yang artinya H1 diterima dan H0 di tolak. Jadi, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat iv pengaruh antara peserta didik yang memperoleh perlakuan model pembelajaran project based learning berbantuan Media barang bekas dengan peserta didik yang memperoleh perlakuan model pembelajaran diskusi terhadap pemahaman konsep pada materi bangun ruang. Kata Kunci : Project Based Learning, Media Barang Bekas, Pemahaman Konsep.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 07:13
Last Modified: 27 Jul 2022 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20099

Actions (login required)

View Item View Item