u TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAMMEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi pada desa Wonodadi kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu)”

IRGANDIS, NOVENTA (2022) u TUGAS POKOK DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA DESA DALAMMEMBERDAYAKAN MASYARAKAT DESA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi pada desa Wonodadi kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu)”. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRGANDIS NOVENTA 29 juni.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (907kB)

Abstract

Keberhasilan membuat masyarakat dalam desa yang berkulitas pemikiran maju dapat kita lihat dari peranan kepala desa dalam menjalani tugas pokok dan fungsi kepemimpinanya. Fungsi kepala desa dalam memberdayakan masyarakat dan kelembagaan desa adalah sebagai fasilitator untuk menyediakan segala kebutuhan yang ada didesa dalam rangka meningkatkan kulitas masyarakat secara kelembagaan maupun masyarakat secara umum dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat Pemberdayaan masyarakat adalah proses pembangunan di mana masyarakat berinisiatif untuk memulai proses kegiatan sosial untuk memperbaiki situasi dan kondisi diri sendiri. Suatu usaha hanya berhasil dinilai sebagai "pemberdayaan masyarakat" apabila kelompok komunitas atau masyarakat tersebut menjadi agen atau dikenal juga sebagai subjek. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tugas pokok dan fungsi kepemimpinan kepala desa didesa Wonodadi Kecamatan Gadingrejo Kabupaten Pringsewu dalam memberdayakan masyarakat dan bagaimana tugas pokok dan fungsi kepemimpinan kepala desa dalam memberdayakan masyarakat desa didesa wonodadi kecamatan Gadingrejo Kabupaten Prigsewu dalam perspektif fiqh siyasah. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peranan kepala desa dalam tugas pokok dan fungsi kepala desa dalam memberdayakan masyarakatnya dan untuk menganalisis perspetif fiqh siyasah dan Undang-Undang desa terhadap peran kepala desa Wonodadi kecamatan Gadigrejo kabupaten Pingsewu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di desa wonodadi kec. Gadingrejo Kab. Pringsewu yang dilakukan langsung oleh pihak yang bersangkutan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian adalah Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kepala seksi Desa, Masyarakat Desa Wonodadi. Pengambilan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis dapat disimpulkan bahwa pada tugas pokok dan fungsi kepemimpinan kepala desa dalam memberdayakan masyarakatnya Kepala Desa sudah melaksanakan pemberdayakan masyarakat sesuai dan ada yang belum sesuai seperti pembanguna, pembinaan masyarakkat, ibu-ibu PKK. Dengan undang-undang dan pasal yang diatur. Menyelenggarakan administrasi pemerintahan Desa dalam rangka Penyelenggara pemerintahan Desa, pelaksanaan pembangunnan Desa, pembinaan kemasyarakatan. Fiqh siyasah tanfidziah adalah melaksanakan Undang-Undang, hubungan antara pemimpin di satu pihak dan rakyatnya dipihak lain serta kelembagaaan-kelembagaan yang ada di dalam masyarakatnya sudah sesuai dengan kepemimpinannya Kepala Desa Wonodadi sebagai imam, dan merupakan bagian siyasah tandfiziah yaitu melaksanakan undang-undang dan negara memiliki kewewenangan untuk menjabarkan dan mengaktualisasikan perundang-undangan yang telah dirumuskan tersebut.. Kata Kunci: Fiqh Siyasah, Memberdayakan, Kepala Desa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:28
Last Modified: 27 Jul 2022 03:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20079

Actions (login required)

View Item View Item