PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA

MUSTAMAN, Muhari (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DITINJAU DARI ADVERSITY QUOTIENT MATEMATIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUSTAMAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana model pembelajaran Simas Eric dengan teknik Brainstorming memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa secara efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional, ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kreatif yang memiliki AQ tipe Quitters, Campers, dan Climbers, serta ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran dan AQ terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis quasy eksperimen design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMP Nurul Iman, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dimana kelas VIII B2 sebagai kelas eksperimen 1 dengan model pembelajaran Simas Eric, kelas VIII B1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan model pembelajaran Simas Eric dengan teknik Brainstorming, dan kelas VIII B3 sebagai kelas control dengan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji anava dua jalan , dengan taraf signifikansi  0,05. Sebelum dilakukan uji hipotesis harus dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Maka diperoleh kesimpulan (1) model pembelajaran Simas Eric dengan teknik Brainstorming memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, (2) tidak terdapat pengaruh Adversity Quotient (AQ) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran simas eric dengan teknik brainstorming terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Kata kunci : Model Pembelajaran Simas Eric dengan Teknik Brainstorming, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Adversity Quotient (AQ).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 03:12
Last Modified: 27 Jul 2022 03:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20075

Actions (login required)

View Item View Item