PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA

RORI, IMANIA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCAFFOLDING BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN YOUTUBE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RORI IMANIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (33MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan suatu kemampuan siswa dalam menyatakan kembali materi menggunkan bahasanya sendiri yang mudah untuk dipahami dalam menyelesaikan persoalan matematika yang disajikan. Penelitian ini akan dilakukan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasui.Merujuk kepada hasil pra penelitian yang sudah dilakukan bahawa Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kasui masih tergolong rendah dan kemandirian belajarnya juga masih tergolong rendah. Melihat hal ini, penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran serta bahan ajar yang dapat meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran scaffolding berbantuan video pembelajaran youtube terhdap kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy experiment dengan desain penelitian 2x3. Sampel dalam penelitian ini ialah siswa kelas XI IPA 1 dan Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Kasui. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik cluster random sampling. Materi yang digunakan adalah Barisan dan Deret Aritmerika dan Geometri. Instrumen dalam penelitian ini adalah soal tes kemampuan pemahaman konsep matematis yang berupa uraian dan angket untuk kemandirian belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah Anova dua arah sel tak sama menggunakan SPSS 25. Hasil analisis data dengan anova dua arah menggunakan SPSS 25 taraf signifikansi yaitu diperoleh unutk hipotesis pertama, untuk hipotesis kedua, dan untuk hipotesis ketiga. Berdasarkan hal tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahaw : (1) Terdapat perbedaan model pembelajaran scaffolding berbantuan video pembelajaran youtube dan model pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar siwa tinggi,sedang dan rendah terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Scaffolding berbantuan video pembelajaran youtube, dan Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:46
Last Modified: 27 Jul 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20072

Actions (login required)

View Item View Item