PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV DI UPT SDN 6 PENUMANGAN BARU TULANG BAWANG TENGAH

Nuri, Antika (2022) PENGARUH PENGGUNAAN E-MODUL TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS IV DI UPT SDN 6 PENUMANGAN BARU TULANG BAWANG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL Nuri Antika 1811100078.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini peserta didik masih kesulitan memahami materi pelajaran saat terjadinya proses pembelajaran, peralihan pembelajaran dari daring menjadi tatap muka mengakibatkan penyampaian materi memerlukan bantuan media pembelajaran lain yang lebih mendukung proses pembelajaran. Hal itu mengakibatkan nilai hasil belajar peserta didik masih belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Maka dari itu peneliti menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran PPKn perlunya menggunakan berbagai media pembelajaran merupakan sebuah upaya agar hasil belajar mengalami peningkatan. E-modul merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan dalam pemanfaatan kemajuan teknologi. Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk melihat Pengaruh Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas IV di UPT SDN 6 Penumangan Baru Tulang Bawang Tengah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dan jenis eksperimen yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode Quasi Eksperiment yaitu penelitian ini mempunyai dua kelas yaitu kelas kontrol (kelas yang tidak diberi perlakuan) serta kelas eksperimen (kelompok yang diberi perlakuan). Rancangan penelitian yang dipakai ialah pretest-posttest control group design. Dalam design ini terdapat dua kelompok yang dipilih secararandom kemudian diberi pretest untuk mengetahui keadaan awal adakah perbedaan antara kelompok eksperimen serta kelompok kontrol. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat dari nilai rata-rata dapat dan nilai pretest pada kelas eksperimen yaitu 30 dan nilai posttest 95 lebih tinggi dari pada hasil belajar kelas kontrol dengan nilai pretest 30 dan nilai posttest 85. Hasil penelitian juga memperlihatkan pada hasil. Pada sig(2-tailed) 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis HO ditolak dan H1 diterima. Kata Kunci : Bahan Ajar, E-Modul, Hasil Belajar PPKN.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jul 2022 02:23
Last Modified: 27 Jul 2022 02:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20069

Actions (login required)

View Item View Item