IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’RUF MARGODADI TANGGAMUS

NASEHATUS, SOLEHAH (2022) IMPLEMENTASI BUDAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’RUF MARGODADI TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI NASEHATUS SHOLEHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji tentang implementasi budaya madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di madrasah Tsanawiyah Al-Ma’ruf Margodadi Tanggamus. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan implementasi budaya madrasah yakni budaya salam, budaya disiplin, budaya peduli lingkungan madrasah, budaya kerja keras, budaya religious, dan budaya kreatif. Untuk dapat mengetahui apakah implementasi budaya madrasah dapat meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Ma’ruf Margodadi Tanggamus. maka dilakukan Metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang ada dilapangan. Untuk mengumpulkan data-data yang diperlukan penulis menggunakan beberapa metode yaitu, wawancara, observasi, dokumentasi. Dengan subjeknya yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Kemudian diananlisis dengan menggunakan analisis data yang terdiri dari tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat diketahui bahwa pengimplementasian budaya madrasah dalam meningkatkan kinerja guru yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut: (1) budaya salam sudah terlaksana dengan baik yaitu dimana setiap kali bertemu seluruh warga madrasah dan orang tua murid saling mengucapkan salam dan berjabat tangan, (2) budaya disiplin, sudah terlaksana dengan baik yaitu menerapkan aturan-aturan dan sanksi untuk peserta didik, guru, staff dan kepala madrasah, (3) budaya peduli lingkungan madrasah, telah terlaksanak secara baik dengan adanya program osis dan guru yang terlibat dalam bidang 5K yaitu kebersihan, keindahan, kerapihan, ketertiban, kenyamanan(4) budaya kerja keras sudah terlaksana dengan baik dengan mebiasakan peserta didik melakukan tugasnya dengan cepat dan tepat waktu,(5) budaya religius, yang sudah terlaksana dengan baik dalam menjalankan kegiatan untuk mewujudkan nilai-nilai ajaran agama (6)budaya kreatif, sudah terlaksana dengan baik guru memberikan pelatihan kepada peserta didik untuk menciptakan inovasi sesuai dengan bakatnya. Dengan iii terlaksananya pengimplementasian budaya madrasah tersebut mampu meningkatkan kinerja guru di MTs Al-Ma’ruf Margodadi diantaranya: Kemampuan menyusun rencana pembelajaran, kemampuan melaksanakan pembelajaran, kemampuan mengadakan hubungan antar pribadi, Kemampuan melaksanakan penilaian hasil belajar, Kemampuan melaksanakan pengayaan, dan Kemampuan melaksanakan remedial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah telah terlaksananya penerapan budaya madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, penerapan budaya madrasah di MTs Al-Ma’ruf Margodadi Tanggamus secara tidak langsung dapat mempengaruhi kinerja guru karena guru selain sebagai pendidik guru juga sebagai suri tauladan atau contoh bagi peserta didik dalam pelaksanaan budaya madrasah tersebut. Kata Kunci: Budaya Madrasah, Kinerja Guru. iv ABSTRACT This study examines the implementation of madrasa culture in improving teacher performance at the Madrasah Tsanawiyah Al�Ma'ruf Margodadi Tanggamus. The purpose of the study was to identify and describe the implementation of madrasa culture, namely greeting culture, discipline culture, madrasa environmental care culture, hard work culture, religious culture, and creative culture. To be able to find out whether the implementation of madrasa culture can improve teacher performance at MTs Al-Ma'ruf Margodadi Tanggamus. then a qualitative research method is carried out which aims to find out a systematic, factual and accurate description of the facts in the field. To collect the required data the author uses several methods, namely, interviews, observation, documentation. With the subjects, namely the principal, waka curriculum and teachers. Then analyzed using data analysis which consists of stages of data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of research and data analysis, it can be seen that the implementation of madrasa culture in improving teacher performance is usually carried out as follows: (1) the greeting culture has been carried out well, namely where every time we meet all madrasa residents and parents of students greet each other and shake hands , (2) a culture of discipline, has been implemented well, namely applying rules and sanctions for students, teachers, staff and madrasah principals, (3) a culture of caring for the madrasa environment, has been implemented well with the student council program and teachers involved in 5K areas, namely cleanliness, beauty, tidiness, order, comfort (4) a culture of hard work has been carried out well by familiarizing students with their duties quickly and on time, (5) religious culture, which has been carried out well in carrying out activities to realize the values of religious teachings (6) creative culture, it has been implemented well teacher provide training to students to create innovations according to their talents. With the implementation of the implementation of the madrasa culture, it is v able to improve the performance of teachers at MTs Al-Ma'ruf Margodadi including: The ability to prepare lesson plans, the ability to carry out learning, the ability to establish interpersonal relationships, the ability to carry out assessments of learning outcomes, the ability to carry out enrichment, and the ability to implement remedial. The conclusion of this study is that the implementation of madrasa culture in improving teacher performance, the application of madrasa culture at MTs Al-Ma'ruf Margodadi Tanggamus can indirectly affect teacher performance because teachers are not only teacher educators but also role models or examples for students in implementation of the madrasa culture. Keywords: Madrasa Culture, Teacher Performance.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:38
Last Modified: 26 Jul 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20055

Actions (login required)

View Item View Item