DAMPAK COVID 19 TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA PENGOLAHAN AREN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat)

FEBRIAN, RAHMAWATI (2022) DAMPAK COVID 19 TERHADAP KEBERLANGSUNGAN USAHA PENGOLAHAN AREN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL FEBRIAN RAHMAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pandemi Covid 19 yang muncul di Indonesia membuat pemerintah harus mengambil beberapa kebijakan untuk mencegah penularan virus Covid 19. Salah satu kebijakan yang diambil pemerintah yaitu pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kebijakan pembatasan sosial dan pembatasan kegiatan masyarakat ini berpotensi membatasi masyarakat dalam melaksanakan aktivitas ekonomi, sehingga sirkulasi barang dan jasa menjadi terhambat. Kondisi tersebut terjadi dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan penurunan pertumbuhan ekonomi di wilayah yang mengalami pandemi COVID-19. Kebijakan ini tentunya berpengaruh terhadap berbagai sektor usaha yang ada di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak covid-19 terhadap keberlangsungan usaha produksi aren di Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat, dan untuk mengetahui pandangan Ekonomi Islam tentang dampak covid-19 terhadap keberlangsungan usaha produksi aren di Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif atau penelitian lapangan (Field Research), Penelitian lapangan dilakukan dengan menggali informasi atau data yang bersumber dari lokasi atau lapangan penelitian yaitu pada Pekon Bandar Baru Kecamatan Sukau Kabupaten Lampung Barat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, data primer diperoleh langsung dari responden mengenai dampak covid 19 terhadap keberlangsungan usaha pengolahan aren. Sedangkan data sekunder buku-buku, jurnal-jurnal, dan dokumen laporan yang berkaitan dengan materi pembahasan, serta dari sumber-sumber lainnya yang berkaitan dengan permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keuntungan para pengerajin aren dengan adanya covid 19 mengalami peningkatan keuntungan dari tahun 2016-2020 dikarenakan kebijakan yang diberlakukan pada masa pandemi yaitu pembatasan sosial berskala besar tidak berpengaruh terhadap penjualan gula aren, permintaan pasar terhadap gula aren yang meningkat, serta harga gula aren yang stabil juga membuat permintaan terhadap gula aren meningkat. Sehingga dengan adanya peningkatan keuntungan membuat pengusaha gula aren terus menjalankan keberlangsungan usahanya. Menurut Perspektif Ekonomi Islam dengan adanya covid 19 yang mengakibatkan permintaan terhadap gula aren meningkat sehingga para pengerajin terus menjalankan usahanya atau keberlangsungan usahanya dengan tetap perpegang pada prinsip ekonomi Islam. Faktor berkah dan mencari ridho Allah SWT menjadi hal yang penting dalam pencapaian keberlangsungan usaha di dalam bisnis yang berlandaskan prinsip syariah Kata Kunci : Pandemi Covid 19, Pengolahan Aren, Keberlangsungan Usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jul 2022 03:22
Last Modified: 26 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20043

Actions (login required)

View Item View Item