PENGARUH LIKUIDITAS, TRANSFER PRICING DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang tergabung di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2016-2020)

Asiah, Cahya Pertiwi (2022) PENGARUH LIKUIDITAS, TRANSFER PRICING DAN MANAJEMEN LABA TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK PERUSAHAAN (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang tergabung di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) Periode 2016-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ASIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pajak merupakan salah satu sumber penghasilan negara yang sangat krusial bagi perekonomian di negara Indonesia. Bagi perusahaan pajak dianggap sebagai biaya yang akan mengurangi keuntungan perusahaan dan memperkecil laba bersih. Perusahaan akan berupaya untuk meminimalkan beban usaha agar laba yang diperoleh bisa maksimal dengan cara melakukan tindakan agresivitas pajak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh likuiditas, transfer pricing, dan manajemen laba terhadap agresivitas pajak perusahaan pada perusahaan pertambangan yang tergabung di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2016-2020 dan mengetahui praktik agresivitas pajak dalam perspektif ekonomi islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui mengakses website resmi Bursa Efek Indonesia www.idx.co.id. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 49 perusahaan pertambangan yang ditentukan dengan metode purposive sampling, sehingga diperoleh 8 perusahaan sampel dalam 5 tahun pengamatan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi data panel dengan bantuan software Eviews v.12 yang terdiri statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji pemilihan model data panel dan uji hipotesis. Hasil analisis data secara simultan menunjukan bahwa likuiditas, transfer pricing dan manajemen laba berpengaruh secara signifikan terhadap agresivitas pajak. Hasil untuk Analisis data secara parsial menunjukan bahwa likuiditas dan transfer pricing berpengaruh secara signifikan terhadap agresivitas pajak, sedangkan untuk variabel manajemen laba tidak berpengaruh secara signifikan. Pengaruh variabel independen dalam penelitian ini terhadap variabel dependen (agresivitas pajak) adalah sebesar 28,3%, sedangkan sisanya sebesar 71,7% dipengaruhi faktor-faktor lain di luar model regresi ini. Kata Kunci: Likuditas, Transfer Pricing, Manajemen Laba, Agresivitas Pajak

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 07:43
Last Modified: 25 Jul 2022 07:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/20010

Actions (login required)

View Item View Item