ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERKEMBANGNYA HOME INDUSTRI (Studi pada Home Industri Kripik Jln. Pagar Alam Gg. PU Kelurahan Segala Mider Kota Bandar Lampung)

FATIHATUL, MAKIYAH (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BERKEMBANGNYA HOME INDUSTRI (Studi pada Home Industri Kripik Jln. Pagar Alam Gg. PU Kelurahan Segala Mider Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FATIHATUL MAKIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK `UMKM memberikan kontribusin yang cukup banyak dalam pembangunan ekonomi Negara, hal itu terlihat dari perkembangannya yang cukup pesat dan kontribusinya terhadap kesejakteraan masyarakat. Sama halnya dengan usaha keripik yang ada jalan Pagar Alam Bandar Lampung yang merupakan mata pencaharian sebagian masyarakat yang bertempat tinggal didaerah tersebut. Perkembangan usaha kecil ini harus selalu ditingkatkan dan untuk masalah hambatan-hambatan yang dihadapi didalam perkembangan usaha tersebut perlu diatasi guna lebih mengingkatkan perekonomian masyarakat. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah mengenai factor-faktor terhadap perkembangan usaha kecil atau home industi. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi factor sehingga usaha kecil atau home industry ini bisa berkembang dengan pesat dan apa saja yang menjadi hambatan permasalahan yang dihadapi dalam perkembangan usaha tersebut. Jenis penelitian ini Field Research, dengan penelitian yang bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Menggunakan metode pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 32 responden. Berdasarkan hasil dari data yang diperoleh dari penelitian langsung, wawancara responden, dan teori yang berkaitan dari berbagai sumber pustaka maka diperoleh analisis bahwa factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan usaha yang ada di Sentra Keripik lampung ini yaitu: Modal, tenaga kerja yang berkompetensi dan terus menggali kemampuan inovasi mereka, bahan baku, Transfortasi yang mendukung untuk pengiriman pemesanan, pemasaran yang didukung oleh berbagai alat yang sudah canggih, teknologi yang mampu digunakan oleh para pelaku usaha untuk mempermudah usaha, dan peran pemerintah dalam perkembangan usaha tersebut. Dalam ekonomi islam factor�faktor perkembangan tersebut harus selalu diperhatikan mengingat pasti selalu ada hambatan dalam perkembangan usaha tersebut. Sehingga jika lebih diperhatikan kembali maka kegiatan usaha tersebut akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda atau disebut Falah, keuntungan dunia dan akhirat. Kata Kunci : Pengaruh, Perkembangan, Home Industri

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:49
Last Modified: 25 Jul 2022 02:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item