PENGARUH PENGGUNAAN KONSEP SYARIAH PADA HOTEL NUSANTARA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP OLEH KONSUMEN (Studi pada Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung)

GULMUDDIN, HAQANI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN KONSEP SYARIAH PADA HOTEL NUSANTARA TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN MENGINAP OLEH KONSUMEN (Studi pada Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1 - bab 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi lengkap.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha yang berlabelkan syariah diera sekarang ini tumbuh semakin pesat. Mulai dari sektor pariwisata, kuliner, busana, hingga per-hotelan pun menjadi ladang bagi para pengusaha dalam mencantumkan konsep syariah pada usahanya. Dalam hal ini penulis tertarik untuk membahas seberapa berpengaruhkah konsep usaha yang berbasiskan syariah ini apabila diterapkan pada per-hotelan dengan mengangkat judul “Pengaruh Penggunaan Konsep Syariah Pada Hotel Nusantara Terhadap Pengambilan Keputusan Menginap Oleh Konsumen” (Studi pada Hotel Nusantara Syariah, Bandar Lampung). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan konsep syariah pada hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung ? Bagaimana pengaruh konsep Syariah pada hotel Nusantara Syariah Bandar Lampung terhadap pengambilan keputusan menginap oleh konsumen? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan adalah data primer, melalui hasil penyebaran kuesioner dengan sampel 30 responden. Penggunaan label „Syariah‟ pada perhotelan di Hotel Nusantara Syariah sudah memenuhi indikator – indikator konsep syariah itu sendiri mulai dari tidak memproduksi, menyediakan dan menjual barang atau jasa haram seperti makanan yang mengandung unsur daging babi, minuman beralkohol atau zat yang memabukan, perjudian, perzinahan, pornografi, pornoaksi dan lain-lain. Serta Fasilitas yang ditawarkan sesuai dengan label „Syariah‟ yang ada, dengan menyediakan sarana beribadah seperti Masjid, dan Fasilitas�fasilitas penunjang ibadah lainnya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji asumsi klasik. Hasil uji penelitian dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana, dapat dinyatakan secara parsial (uji T) bahwa variabel konsep syariah tingkat signifikansi sebesar 0,006 < 0,05 dengan nilai t hitung yaitu 2,961 yang berarti H1 diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel konsep syariah berpengaruh positif terhadap pengambilan keputusan menginap oleh konsumen. Kata Kunci : konsep syariah, keputusan konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jul 2022 02:38
Last Modified: 25 Jul 2022 02:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19975

Actions (login required)

View Item View Item