PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG

Siti, Hasbiatun (2022) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 5 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI HASBIATUN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan orang tua dalam mendidik dan mengajarkan pemahaman akan pendidikan agama pada anak membutuhkan pengetahuan, wawasan dan pengalaman pendidikan, hal ini berarti bahwa tingkat pendidikan orang tua ikut berproses dalam pemahaman pendidikan anaknya. Tingkat pendidikan menggambarkan pencapaian jenjang pendidikan orang tua, materi pelajaran, wawasan dan pengalaman pendidikan yang di perolehnya, yang menjadi bekal orang tua dalam mendidik anaknya. Dengan demikian, semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua, maka semakin banyak pengetahuan dan pengalaman belajar yang dapat dijadikan bekal dalam membimbing anaknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data–data, menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling dan teknik pengambilan data diambil dengan cara observasi, dokumen dan penyebaran angket. Dari hasil perhitungan analisis data menunjukkan ada korelasi yang signifikan antara tingkat pendidikan ibu dan tingkat pendidikan ayah dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI diperoleh nilai F hitung = 12,636 > r tabel = 3,28. Jadi koefisien korelasi dari hasil uji signifikansi tersebut bisa dinyatakan signifikan, yang berarti bahwa ada korelasi antara tingkat pendidikan orang tua dengan hasil belajar siswa mata pelajaran PAI. Kata Kunci: Tingkat Pendidikan Orang Tua, Hasil Belajar Siswa. iii ABSTRACT The ability of parents to educate and teach an understanding of religious education to children requires knowledge, insight and educational experience, this means that the level of education of parents participates in the process of understanding their children's education. The level of education describes the educational attainment of parents, subject matter, insights and educational experience that they acquire, which are the provisions of parents in educating their children. Thus, the higher the education level of parents, the more knowledge and learning experiences that can be used as provisions in guiding their children. This study uses descriptive quantitative research methods to describe current problem solving based on data, presenting data, analyzing and interpreting. The sample was taken by simple random sampling technique and the data collection technique was taken by means of observation, documents and questionnaires. From the results of the calculation of data analysis shows that there is a significant correlation between the education level of the mother and the education level of the father with the learning outcomes of the PAI subject students, it is found that the value of F count = 12.636 > r table = 3.28. So the correlation coefficient from the results of the significance test can be declared significant, which means that there is a correlation between the education level of parents and the learning outcomes of students in PAI subjects. Keywords: Parents' Education Level, Student Learning Outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 08:25
Last Modified: 22 Jul 2022 08:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19971

Actions (login required)

View Item View Item