PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI MA MIFTAHUL HUDA TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

NAILUL, HIDAYATUL FU’IKAH (2022) PELAKSANAAN KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK MODELING UNTUK MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI MA MIFTAHUL HUDA TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI Nailul Hidayatul Fu’ikah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penulis mengambil judul “Pelaksanaan Konseling Kelompok Menggunakan Teknik Modeling Untuk Mengurangi Perilaku Bullying Di MA Miftahul Huda Terbanggi Besar Lampung Tengah”. Tujuan dalam penelitian ini untuk menganalisis bagaimana Pelaksanaan konseling kelompok menggunakan teknik modeling untuk mengurangi perilaku bullying peserta didik di MA Miftahul Huda Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan studi kasus. Penelitian studi kasus merupakan salah satu jenis penelitian kualitatif dalam penelitian studi kasus peneliti mendapatkan data secara rinci dengan memakai berbagai jenis prosedur dalam pengumpulan data yang berkaitan. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Terdapat satu peserta didik melakukan bullying fisik dan bullying Verbal, satu peserta didik melakukan bullying fisik, dua peserta didik melakukan bullying verbal, satu peserta didik melakukan bullying verbal dan relasional. Proses pelaksanaan yang dilakukan oleh guru BK untuk mengurangi perilaku bullying dengan memberikan layanan konseling kelompok kepada peserta didik yang sering melakukan perilaku bullying secara langsung dan dilakukan dengan maksimal. Layanan konseling kelompok tersebut dilakukan atas bantuan para guru lain�lainnya yaitu kerjasama dengan pihak sekolah, staf-staf, guru-guru, dan wali kelas untuk menghimpun data peserta didik yang kerap melakukan tindakan kekerasan bullying serta memberikan pemahaman kepada peserta didik agar dapat bersikap lebih baik kepada temannya maupun orang lain dalam berperilaku. Perubahan tingkah laku yang terjadi pada peserta didik setelah proses konseling kelompok dilakukan yaitu: peserta didik mulai menyadari kesalahannya, peserta didik mulai memperbaiki diri terhadap cara berperilaku nya kepada orang lain. Perubahan tingkah laku yang ditunjukan memang tidak spontan tetapi terlihat adanya niat serta usaha yang dilakukan oleh peserta didik untuk lebih baik lagi secara bertahap. Kata kunci: konseling kelompok, teknik modeling, perilaku bullying iii ABSTRACT The author takes the title "Implementation of Group Counseling Using Modeling Techniques to Reduce Bullying Behavior at MA Miftahul Huda Terbanggi Besar, Central Lampung". The purpose of this study was to analyze how the implementation of group counseling using modeling techniques to reduce student bullying behavior at MA Miftahul Huda Terbanggi Besar, Central Lampung Regency. This study uses a case study. Case study research is one type of qualitative research. In case study research, researchers get detailed data by using various types of procedures in collecting related data. The data collection used in this research is observation, interviews, and documentation. There is one student doing physical bullying and verbal bullying, one student doing physical bullying, two students doing verbal bullying, one student doing verbal and relational bullying. The implementation process carried out by BK teachers to reduce bullying behavior by providing group counseling services to students who often carry out bullying behavior directly and maximally. The group counseling service is carried out with the help of other teachers, namely collaboration with the school, staff, teachers, and homeroom teachers to collect data on students who often commit acts of bullying and provide understanding to students so that they can behave more effectively. both to his friends and others in behavior. Changes in behavior that occur in students after the group counseling process is carried out are: students begin to realize their mistakes, students begin to improve themselves in the way they behave towards others. The changes in behavior shown are not spontaneous, but it can be seen that there is an intention and effort made by students to get better gradually. Keywords: group counseling, modeling techniques, bullying behavior

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 04:10
Last Modified: 22 Jul 2022 04:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19960

Actions (login required)

View Item View Item