PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING

ROHMAH, HIRAYANTI (2022) PENDIDIKAN KARAKTER PERSPEKTIF K.H. HASYIM ASY’ARI DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN DARING. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of ROHMAH HIRAYANTI SKRIPSI PDF.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berkembanganya nilai-nilai individualistis, hedonis, materialistis dan sebagainya merupakan dampak buruk dari arus globalisasi dan revolusi industri 4.0. yang mengakibatkan Menurunnya Karakter Bangsa dalam menghadapi arus perkembangan Globalisasi dan Revolusi Industri 4.0. Ditambah lagi dengan adanya kemunculan Virus Covid-19 yang menyebabkan hampir mengalami kelumpuhan terutama dalam bidang Pendidikan. Banyaknya kekurangan dari sistem Pembelajaran Daring yang dirasa seakan-akan nilai-nilai Karakter seperti tidak ditanamkan dalam proses Pembelajaran Daring. KH. Hasyim Asy’ari merupakn tokoh ulama, serta tokoh pahlawan yang sangat berjasa bagi kemerdekaan Indonesia terutama dalam bidang pendidikan, beliau menulis kitab Adabul Alim Wal Muta’alim didasai oleh kesadaran akan perlunya literature yang membahas tentang karakter Pendidik dan Peserta Didik. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Konsep Pendidikan Karakter Perspektif KH. Hayim Asy’ari dan Relevansinya dalam Proses Pembelajaran Darring. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Deskriptif Kualitatif yang menggunakan Metode Penelitian Kepusakaan (library research), yaitu Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data-data yang terdapat dalam Buku-buku, Majalah, Artikel, Jurnal, karya-karya Ilmiah, Internet dan lain sebagainya yang berkaitan dengan Judul Penelitian. Serta menggunakan Teknik Content Analysis atau, Analisis isi merupakan penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi dari suatu pesan atau informasi tertulis atau tercetak dalam suatu media. Kemudian data atau informasi yang diperoleh tersebut diolah dengan cara editing, organizing, serta menghasilakn penemuan dari hasil penelitian. Dalam Penelitian ini, Peneliti menemukan atau mendapatkan hasil penelitian yang dapat disimpulkan bahwa dalam proses pembelajaran Daring dapat ditanamkan beberapa nilai-nilai karakter yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring. Beberapa hal yang dapat dilakukan oleh Pendidik dalam Proses Pembelajaran Daring yaitu; Membaca Ta’awwudz, Basmalah, Mengucapkan Salam kepada Peserta Didik; BerShalawat kepada Nabi Muhammad SAW; Memulai pengajaran dengan membaca Ayat Al-Qur’an; Memotivasi, Pendidik sebaiknya tidak menjelaskan pelajaran dengan panjang lebar yang membosankan serta; Bertutur kata yang halus; dan lain sebagainya. Sedangkan Bagi Peserta Didik Nilai-nilai Karakter seperti; Bersikap Qona’ah, Peserta Didik hendaknya menerima apa adanya terhadap kondisi dirinya serta lingkungan; Bertatakrama Pendidik, dan Memuliakan Pendidik; Meneladani pendidik, mengikuti arahan dan petunjuk dari pendidik; Bertata Krama dalam Membaca maupun menyalin Kitab atau buku pelajaran; dan lain sebgainya. Kata Kunci : Pendidikan Karakter, Pembelajaran Daring, KH. Hasyim Asy’ari

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:42
Last Modified: 22 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19957

Actions (login required)

View Item View Item