PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DIDESA BAUH GUNUNG SARI KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR

AZIZA, RIAYUNITA (2022) PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DIDESA BAUH GUNUNG SARI KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AZIZA RIAYUNITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PERAN ORANG TUA DALAM MENDIDIK AKHLAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI DESA BAUH GUNUNG SARI KECAMATAN SEKAMPUNG UDIK LAMPUNG TIMUR Oleh AZIZA RIAYUNITA Sejak terbentuknya keluarga melalui perkawinan ada beberapa tanggung jawab orang tua dalam mengurus dan membimbing anak�anaknya. Mengingat anak adalah generasi penerus dan merupakan tulang punggung kemajuan bangsa serta negaranya di masa yang akan datang, Patutlah sedini mungkin anak-anak diberi bekal wawasan berpikir, keterampilan, kesehatan jasmani maupun rohani, sehingga kelak menjadi manusia yang memiliki kepribadian yang mantap, Mandiri serta tanggung jawab, hal ini selaras dengan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tersebut dalam undang-undang No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional Bab II pasal 3. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana orang tua dalam pendidikan akhlak anak di desa Bauh Gunung Sari Kecamatan Sekampung Udik Kabupaten Lampung Timur terutama anak berkebutuhan khusus dengan jenis tunagrahita. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang dilakukan dalam kehidupan yang sebenarnya, menurut sifatnya penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah orangtua dan anak umur 6 tahun. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi partisipasi, interview dan dokumentasi. Selanjutnya langkah yang digunakan dalam menganalisa data pertama yaitu reduksi data selanjutnya display data dan terakhir verifikasi. Hasil penelitian diperoleh bahwa orang tua dalam mendidik akhlak anak sudah dalam kategori baik, terbukti dalam penelitian ini semua peran yang menjadi indikator keberhasilan dalam pembentukan akhlak telah dilaksanakan oleh pihak orang tua diantaranya: menanamkan ketaatan dan kepatuhan kepada orang tua, memberikan contoh dan teladan yang baik, memberikan perhatian, dan memberikan pengawasan yang semuanya itu berada dalam lingkup pengertian dan pembiasaan. Adapun masih adanya sikap yang kurang baik yang dilakukan oleh anak menurut pengamatan penulis disebabkan adanya pengaruh dari lingkungan tempat bermain anak serta media elektronik maupun cetak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Jul 2022 03:24
Last Modified: 22 Jul 2022 03:24
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19956

Actions (login required)

View Item View Item