PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP BUDAYA BANDAR LAMPUNG

DENIS, INDAH YUNIARTI (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP BUDAYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI DENIS INDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini mengkaji tentang Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP Budaya Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMP Budaya Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan adalah mendekatan teologis normatif, paedagogis, psikologis, dan manajerial. Sumber data terdiri dari data primer yaitu data utama yang diambil dari responden guru dan peserta didik dan data sekunder yaitu data pendukung tentang kondisi objektif SMP Budaya Bandar Lampung yang berhubungan dengan keadaan guru secara keseluruhan, keadaan pegawai, para peserta didik serta sarana dan prasarana. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah dengan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data menggunakan tiga macam triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Budaya Bandar Lampung selama masa pandemi tidak jauh berbeda dengan sebelum pandemi, yaitu dengan menyusun RPP. Sebelumnya juga diadakan workshop yang diselenggarakan oleh sekolah untuk menyeragamkan RPP sesuai dengan penyederhanaan kurikulum yang diberikan Kemdikbud, 2) proses pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada masa pandemi covid-19 di SMP Budaya Bandar Lampung dilakukan dengan menggunakan pembelajaran daring, 3) evaluasi dalam pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi ini diambil dari tugas harian, penilaian tengah semester, dan penilaian akhir semester. Masing-masing penilaian mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kata Kunci:Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Pandemi Covid-19. iii ABSTRACT This thesis examines the Implementation of Islamic Religious Education Learning During the Covid-19 Pandemic at SMP Budaya Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the implementation of Islamic Religious Education learning during the COVID-19 pandemic at SMP Budaya Bandar Lampung. This type of research is qualitative research. The approach used is a normative, pedagogical, psychological, and managerial theological approach. Data sources consist of primary data, namely primary data taken from teacher and student respondents and secondary data, namely supporting data about the objective conditions of Bandar Lampung Culture Middle School related to the overall state of the teacher, the state of employees, students and facilities and infrastructure. The instruments used are observation guidelines, interview guidelines, and documentation. Data analysis techniques are data reduction, data display, and data verification. Testing the validity of the data using three kinds of triangulation, namely source triangulation, technical triangulation and time triangulation. The results showed that: 1) the planning of Islamic Religious Education learning at SMP Budaya Bandar Lampung during the pandemic was not much different from before the pandemic, namely by compiling RPP. Previously, a workshop was also held by schools to standardize the lesson plans in accordance with the curriculum simplification provided by the Ministry of Education and Culture, 2) the process of implementing Islamic Religious Education learning during the COVID-19 pandemic at Bandar Lampung Cultural Middle School was carried out using online learning, 3) evaluation in the implementation of learning. During this pandemic, it is taken from daily assignments, mid-semester assessments, and end-of-semester assessments. Each assessment covers the cognitive, affective, and psychomotor domains. Keywords: Islamic Religious Education Learning, Covid-19 Pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 07:09
Last Modified: 21 Jul 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19945

Actions (login required)

View Item View Item