PENERAPAN METODE RESOURCE BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MASYARIQUL ANWAR IV SUKA BUMI

HASTO, WIGUNA (2022) PENERAPAN METODE RESOURCE BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MI MASYARIQUL ANWAR IV SUKA BUMI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of HASTO FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Metode pembelajaran adalah cara sistematis dalam bentuk konkret berupa langkah-langkah untuk mengefektifkan pelaksanaan suatu pembelajaran. Pada penelitian yang dilakukan di MI Masyariqul Anwar IV terdapat kondisi yang tidak mendukung untuk proses pembelajaran yaitu keaktifan belajar dan tingkat daya serap siswa yang disebabkan oleh kurangnya pemahaman dan motivasi siswa dalam proses belajar. Metode pembelajaran Resources based learning adalah suatu proses pembelajaran dengan suatu atau sejumlah sumber belajar secara individual, maupun kelompok.Siswa dapat belajar dalam kelas, dalam laboratorium, dalam perpustakaan, dalam ruang sumber belajar yang khusus Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPA. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Metode pengambilan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Peneliti melakukan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, Untuk mendapatkan informasi mendalam terkait dengan pembelajaran IPA. Berdasarkan hasil penelitan bahwa penerapan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Masyariqul Anwar IV Suka Bumi hanya sebatas pada konsep dasar dari metode terebut. Pelaksanaan pembelajaran dengan metode Resource Based Learning pada pembelajaran IPA di kelas IV MI Masyariqul Anwar IV Suka Bumi guru menggunakan berbagai sumber belajar dalam proses pembelajaran yang termasuk dalam penggunaan metode resource bsed learning. Penilaian pembelajaran yang dilakukan guru hanya menilai pada aspek kognitif saja sedangkan dalam metode pembelajaran resorce based learning aspek yang dinilai adalah aspek klognitif, psikomotorik dan apektif. Jadi dapat disimpulkan dalam penerapan metode resource based learning pada pelajaran IPA kelas IV di MI Masyariqul Anwar belum sempurna, karena terdapat hal yang tidak terlaksana jika diacu pada penerapan metode resource based learning. Kata Kunci : Metode Resource Based Learning, Mata Pelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 06:57
Last Modified: 21 Jul 2022 06:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19942

Actions (login required)

View Item View Item