PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 01 SUNGAI ARE OKU SELATAN

OKTA, PUSPITASARI (2022) PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 01 SUNGAI ARE OKU SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi OKTA PUSPITASARI .pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE BRAINSTORMING TERHADAP KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 01 SUNGAI ARE OKU SELATAN Oleh : Okta Puspitasari Berdasarkan observasi yang dilakukan oleh peneliti di SMP Negeri 01 Sungai Are. Pembelajaran masih berpusat kepada pendidik dan belum melibatkan kepada peserta didik untuk aktif dalam kegiatan proses belajar mengakar. Banyak peserta didik yang pasif, malu bertanya, dan jarang berdiskusi. Berdasarkan observasi yang dilakukan salah satu penyebabnya dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang tepat untuk menstimulus keaktifan peserta didik. Maka dari itu peneliti akan mencoba meneliti apakah metode brainstorming bisa mempengaruhi tingkat keaktifan peserta didik. Metode brainstorming ini merupakan metode pembelajaran yang mencurahkan ide, dan gagasan dari peserta didik itu sendiri.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode brainstorming terhadap keaktifan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 01 Sungai Are Oku Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Pendekatan yang akan digunakan adalah penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 01 Sungai Are yang berjumlah 33 siswa/i. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaiu menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan pada jumlah responden 33 terdapat di r tabel df= N-2 df=33-2=31 pada taraf signifikansi 5% adalah 0,344. Penggunaan metode brainstorming terhadap keaktifan peserta didik sebesar 0,666 > 0,344. Signifikansinya 0,000 < 0,05 Ho ditolak sedangkan Ha diterima. Hal ini dapat diinterpretasikan bahwa ―Terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan brainstorming terhadap keaktifan peserta didik pada pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 01 Sungai Are. Kata kunci : Metode Brainstorming, Keaktifan, Peserta Didik ABSTRACT THE INFLUENCE OF THE BRAINSTORMING METHOD ON THE ACTIVENESS OF STUDENTS IN LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AT SMP NEGERI 01 SUNGAI ARE OKU SELATAN By: Okta Puspitasari Based on observations made by researchers at SMP Negeri 01 Sungai Are. Learning is still centered on educators and has not involved students to be active in the activities of the deep-rooted learning process. Many learners are passive, embarrassed to ask questions, and rarely discuss. Based on observations made, one of the causes is because the learning method used is not appropriate to stimulate the activeness of students. Therefore, researchers will try to examine whether the brainstorming method can affect the level of activeness of students. This brainstorming method is a learning method that pours out ideas, and ideas from the learners themselves. The purpose of this study was to find out how much influence the brainstorming method had on student activity on learning Islamic religious education at SMP Negeri 01 Sungai Are Oku Selatan. This research uses quantitative research methods. The approach to be used is correlational research. The data collection technique used is questionnaires. The subjects of this study were class VIII students at SMP Negeri 01 Sungai Are, totaling 33 students. The data analysis technique used in this study uses a simple linear regression analysis technique. The results of this study showed that the number of respondents 33 was found in the table df= N-2 df=33-2=31 at a significance level of 5% was 0.344. The use of the brainstorming method on student activity was 0.666 > 0.344. Its significance of 0.000 < 0.05 Ho is rejected while Ha is accepted. This can be interpreted as "There is a significant influence between the use of brainstorming on the activeness of students in the learning of Islamic religious education at SMP Negeri 01 Sungai Are. Keywords : Brainstorming Method, Activeness, Learners

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jul 2022 03:41
Last Modified: 21 Jul 2022 03:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19921

Actions (login required)

View Item View Item