MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

JIHAN, FADILA AZANTI (2022) MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL JIHAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Model Pembelajaran inkuiri merupakan salah satu metode pembelajaran yang hendaknya diketahui oleh guru agar pendidikan bisa mencapai tujuan yang diinginkan serta mendapatkan hasil yang maksimal. Model inkuiri sendiri adalah suatu model pembelajaran yang menekankan pada proses berfikir secara kritis dan analisis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang dipertanyakan. Model pembelajaran dalam pendidikan Islam mengacu kepada sumber Al-Qur’an dan Hadits Nabi, yang begitu banyak jenisnya dan sudah teruji pada zamannya. Pendidikan Islam telah memberikan penegasan bahwa peserta didik harus memiliki kemampuan dalam memahami, meyakini, dan mengamalkan ajaran Islam setelah mengikuti pembelajaran. Namun banyak permasalahan pembelajaran yang terjadi seperti rendahnya hasil belajar peserta didik, masalah belajar dan tidak terlalu mementingkan masalah sekolah. Hal itu menjadi tanggung jawab dari pihak sekolah dan guru untuk selalu memperbaiki keadaan tersebut agar peserta didik mampu menjadi manusia yang berpengetahuan dan bermoral tinggi dan berlandasan agama. Penelitian ini adalah jenis penelitian kepustakaan atau library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer yaitu buku Abudin Nata, Ilmu Pendidikan Islam, Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Sumardi Suryabrata, Metodologi Penelitian, dan suumber data sekunder yaitu buku-buku, jurnal, artikel, yang tentunya berkaitan dengan model pembelajaran inkuiri yang berkaitan dengan pendidikan islam. Hasil penelitian mengemukakan bahwa model pembelajaran inkuiri dalam perspektif pendidikan Islam memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan berfikir secara sistimatis, logika dan kritis atau mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian proses mental. Dalam model inkuiri siswa tidak hanya dituntut agar menguasai materi pelajaran, akan tetapi bagaimana mereka dapat menggunakan iii kemampuan yang dimilikinya secara optimal. Terdapat relevansi model pembelajaran inkuiri dengan Pendidikan Islam yang dapat ditinjau dari empat segi yaitu relevansi dengan agama Islam, relevansi dengan perkembangan kehidupan, relevansi dengan lingkungan hidup anak didik serta relevansi dengan tuntutan dunia perkerjaan. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Inkuiri, Pendidikan Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:38
Last Modified: 20 Jul 2022 04:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19902

Actions (login required)

View Item View Item