PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN PKN PESERTA DIDIK KELAS 3 UPT SD NEGERI 3 PRINGSEWU BARAT

ROSMA, WINDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF PADA PEMBELAJARAN PKN PESERTA DIDIK KELAS 3 UPT SD NEGERI 3 PRINGSEWU BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ROSMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan kegiatan pra penelitian yang telah dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini yaitu kurangnya kemampuan berfikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran, peserta didik kurang kreatif dalam mengemukakan pendapat dan menjawab pertanyaan sehingga berdampak hasil belajar aspek ranah kognitif pelajaran PKN masih rendah pada peserta didik kelas III di UPT SD Negeri 3 Pringsewu Barat, diketahui proses pembelajaran kurang maksimal. Oleh karena itu perlu di terapkan model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif. Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah Pengaruh Model Pembelajaran direct instruction berbantan media visual Terhadap Kemampuan berfikir kreatif pada pembelajaran PKN Kelas III UPT SD Negeri 3 Pringsewu Barat. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran direct instruction terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran PKN Kelas III UPT SD Negeri 3 Pringsewu Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasy Eksperimental Design, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. populasi dengan populasi seluruh peserta didik kelas III. Tehnik pengambilan sampel dalam penelitian ini acak kelas. Sampel tersebut berjumlah dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III B kontrol. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah uji t. Pengelolahan data dari hasil uji normalitas dan homogenitas dihitung dengan menggunakan microsoft excel, diperoleh bahwa data hasil tes dari kedua kelas sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis dapat digunakan uji-t. Menurut hasil penelitian dan pembahasan diperoleh hasil posttest thitung sebesar 3,077 lebih besar dari ttabel yang sebesar 2,022 dengan kesimpulan Ho ditolak sehingga H1 diterima. Dengan demikian hasil uji-t menyatakan bahwa H1 diterima yaitu ada (terdapat) pengaruh model pembelajaran direct instruction berbantuan media visual terhadap meningkatkan kemampuan berfikir kreatif peserta didik. Kata kunci : Model Pembelajaran Direct Instruction, Media Visual, Kemapuan Berfikir Kreatif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 07:03
Last Modified: 19 Jul 2022 07:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19883

Actions (login required)

View Item View Item