PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

BACHTIAR, ROHMAN (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS WEB DENGAN PENDEKATAN STEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI Full Bachtiar Rohman-1.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D), dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian pengembangan ini dilakukan sebagai inovasi media pembelajaran matematika berbasis web menggunakan pendekatan STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) yang valid, menarik, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis validasi ahli media dan ahli materi, analisis respon siswa (uji kemenarikan), dan uji effect size. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah kelas XI Mia 1 dan XI Mia 2 di SMA Negeri 1 Raman Utara. Hasil uji kelayakan dari validator media mendapatkan rata-rata skor kelayakan ahli media yaitu 3,73 dengan kriteria “valid” dan rata-rata skor kelayakan ahli materi yaitu 3,72 dengan kriteria “valid”. Uji kemenarikan mendapat skor 3,45 pada uji skala kecil dengan kriteria “sangat menarik” dan mendapat skor 3,49 pada uji skala besar dengan kriteria “sangat menarik”. Kemudian untuk penilaian uji keefektivitasan dari produk mendapatkan skor uji effect size sebesar 0,504 dengan kategori sedang dan efektif untuk digunakan saat pembelajaran. Kata Kunci : Media Pembelajaran Berbasis Web, Pendekatan STEM, Kemampuan Berpikir Kritis iv ABSRACT This type of research is development research (R&D), with the ADDIE development model. This development research was conducted as an innovation of web-based mathematics learning media using a valid, interesting, and effective STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) approach to improve students' critical thinking skills. The data analysis technique used is validation analysis of media experts and material experts, student response analysis (attractiveness test), and effect size test. The sampling technique used is cluster random sampling. The test subjects in this study were class XI Mia 1 and XI Mia 2 at SMA Negeri 1 Raman Utara. The results of the feasibility test from the media validator get an average media expert eligibility score of 3.73 with "valid" criteria and an average material expert eligibility score of 3.72 with "valid" criteria. The attractiveness test got a score of 3.45 on the small-scale test with the criteria of "very interesting" and got a score of 3.49 on the large-scale test with the criteria of "very interesting". Then for the assessment of the effectiveness of the product, the test score of effect size is 0.504 with the medium category and is effective for use during learning. Keywords: Web-Based Learning Media, STEM Approach, Critical Thinking Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 04:15
Last Modified: 19 Jul 2022 04:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19870

Actions (login required)

View Item View Item