KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SYEIKH MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELAVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA

SITI, FATIMAH (2022) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SYEIKH MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELAVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI SITI FATIMAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK KONSEP PENDIDIKAN ISLAM SYEIKH MUHAMMAD NAQUIB AL-ATTAS DAN RELAVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA Oleh : Siti Fatimah Persoalan pendidikan Islam di Indonesia begitu kompleks, dimana berbagai problematika muncul. banyak kalangan terperanjat dengan problematika pendidikan yang ada di negara kita ini. Hal ini bermula dari penilaian banyak orang terhadap out put hasil pendidikan Islam di Indonesia yang belum sesuai dengan tujuan pendidikan Islam di Indonesia. Kemerosotan moral anak-anak bangsa, etos kerja yang kurang, keterampilan yang masih rendah, korupsi yang kian bertambah dan angka pengangguran dari kalangan intelektual (sarjana) dari hari ke hari angka statistiknya kian naik. Tentu hal ini sangat memprihatinkan bagi kalangan pemerhati pendidikan Islam di Indonesia, hingga berujung pada satu kesimpulan bahwa ada yang salah dalam sistem pendidikan di negara kita. Dan perlu adanya perbaikan yang menyeluruh terhadap masalah pendidikan di negara kita ini. Oleh karena itu, dibutuhkanlah peran serta para intelektual untuk bahu-membahu mencari jalan keluar dari masalah-masalah pendidikan yang muncul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami konsep pendidikan Islam menurut Syeikh Muhammad Al�Naquib al-Attas, sehingga apabila konsep tersebut memiliki relevansi terhadap pendidikan yang saat ini tengah berlangsung, maka dapat di adopsi untuk kemudian diterapkan dan diambil manfaat serta kegunaannya bagi pendidikan Islam di Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini ialah library research. Sumber data yang digunakan dalam penelitian berdasarkan sumber data primer dan sekunder. Sifat penelitian bersifat deskriptif kualitatif, dimana data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis content. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa secara umum konsep pendidikan Islam yang digagas oleh Syeikh Muhammad Naquib Al-Attas relevan dengan masalah-masalah pendidikan yang saat ini muncul. Kata Kunci: Konsep Pendidikan Islam, Syeikh Muhammad Naquib Al-Attas iii ABSTRACT THE CONCEPT OF SHEIKH MUHAMMAD NAQUIB AL�ATTAS ISLAMIC EDUCATION AND THEIR RELATIONSHIP WITH ISLAMIC EDUCATION IN INDONESIA By: Siti Fatimah The problem of Islamic education in Indonesia is so complex, where various problems arise. many people are shocked by the problems of education in our country. This stems from the assessment of many people on the output of Islamic education in Indonesia which is not in accordance with the goals of Islamic education in Indonesia. The moral decline of the nation's children, lack of work ethic, low skills, increasing corruption and unemployment rates among intellectuals (graduates) are increasing day by day. Of course, this is very concerning for observers of Islamic education in Indonesia, leading to the conclusion that something is wrong in the education system in our country. And there needs to be a comprehensive overhaul of the problem of education in our country. Therefore, the role of intellectuals is needed to work together to find a way out of the educational problems that arise. The purpose of this study is to find out and understand the concept of Islamic education according to Sheikh Muhammad Al�Naquib al-Attas, so that if the concept has relevance to education that is currently taking place, it can be adopted and then applied and taken advantage of and its usefulness for education. Islam in Indonesia. The type of research used in this research is library research. Sources of data used in the study based on primary and secondary data sources. The nature of the research is descriptive qualitative, where the data obtained is then analyzed by content analysis techniques. Based on the results of the study, the researcher concludes that in general the concept of Islamic education initiated by Sheikh Muhammad Naquib Al-Attas is relevant to educational problems that are currently emerging. Keywords: Concept of Islamic Education, Sheikh Muhammad Naquib Al-Attas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jul 2022 03:53
Last Modified: 19 Jul 2022 03:53
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19867

Actions (login required)

View Item View Item