PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERATAI GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG

RESTI, HIDAYATI (2022) PENGGUNAAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK TERATAI GUNUNG SULAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RESTI HIDAYATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Buku cerita bergambar diidentifikasikan dengan adanya kenyataan bahwa peran pendidik terhadap pembentukan karakter gemar membaca anak usia dini yang selama ini kurang optimal dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca usia 5-6 tahun di kelompok B Tk Teratai Gunung Sulah Bandar lampung?”, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca anak usia 5-6 tahun di kelompok B Tk Teratai Gunung Sulah Bandar lampung. Penelitian ini menggunakan penelitian Deskripsi Kualitatif dengan subyek penelitian adalah guru dan peserta didik di kelas B2. Alat pengumpulan data yang penulis gunakan dalam penelitian adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi, Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan triangulasi. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah peneliti lakukan selama satu bulan di TK Teratai Gunung Sulah Bandar Lampung dalam penggunaan media buku cerita bergambar dalam pembentukan karakter gemar membaca anak usia 5-6 tahun dapat dilihat bahwa tingkat perkembangan karakter gemar membaca anak yang termasuk kategori belum berkembang ada 2 orang dengan tingat presentase 13%, kategori mulai berkembang ada 3 orang dengan tingkat presentase 20%, sedangkan kategori berkembang sesuai harapan ada 7 orang dengan tingkat presentase 46%, dan kemampuan anak dengan kategori berkembang sangat baik ada 3 anak dengan tingkat presentase 20%. Pada saat kegiatan pembelajaran dengan melalui media buku cerita bergambar guru sudah melakukan langkahlangkah namun ketika pembelajaran berlangsung meggunakan buku cerita bergambar ada beberapa faktor yang menyebabkan karakter gemar membaca anak belum berkembang contohnya pada saat melakukan kegiatan pembelajaran melalui buku cerita bergambar kegiatan yang digunakan untuk mengembangkan karakter gemar membaca anak masih kurang sehingga menyebabkan karakter gemar membaca anak belum berkembang secara maksimal. Kata Kunci: Karakter Gemar Membaca, Buku Cerita Bergambar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 08:29
Last Modified: 18 Jul 2022 08:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19854

Actions (login required)

View Item View Item