PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH RIYADLUS SHALIHIN KABUPATEN LAMPUNG UTARA

Agus, Tri Wahyudi (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH ALIYAH RIYADLUS SHALIHIN KABUPATEN LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi Agus Tri Wahyudi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi dengan tidak tercapainya nilai KKM dan kurangnya antusias serta peran aktif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas XII di Madrasah Aliyah Riyadlus Shalihin.sehingga di perlukan strategi pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kondisi lingkungan dan perkembangan emosional siswa.Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran Inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan materi penyebaran Islam di Asia tenggara. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Riyadus Sholihin tahun ajaran 2021/2022. Penelitian menggunakan metode Quasi Eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Nonequivalent Control Group Design yaitu kelompok pertama diberi perlakuan( Kelompok Eksperimen) yaitu Kelas XII B, dan kelompok kedua tidak diberikan perlakuan( Kelompok Kontrol) yaitu kelas XII A. Metode tersebut didukung dengan teknik-teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Berdasarkan analisis data diperoleh beberapa hal yang menjadi temuan dalam penelitian ini adalah: (1) berdasarkan uji normalitas didapat hasil belajar siswa tersebut berdistribusi normal dengan nilai hitung thitung > ttabel atau 0,926 > 0,897. (2) berdasarkan hasil uji homogenitas pada post-test siswa di peroleh x 2 Hitung < x2 Tabel atau 1,726 < 2,243 hal ini dapat disimpulkan bahwa varians berasal dari distribusi yang homogen. (3) untuk pengujian hipotesis menghasilkan data akhir yaitu dengan thitung > ttabel yaitu 3,950 > 2.028 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor post-test kelompok eksperimen dengan rata-rata skor post-test kelompok kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa (Ha) diterima dan (Ho) ditolak, ini mengandung pengertian bahwa strategi pembelajaran inkuiri berpengaruh pada hasil belajar siswa kelas XII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah iv Riyadlus Sholihin pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan materi Penyebaran Islam Di Asia Tenggra. Kata kunci: strategi pembelajaran inkuiri, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:31
Last Modified: 18 Jul 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19827

Actions (login required)

View Item View Item