PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MASA PANDEMI KELAS IX MTSN 2 BANDAR LAMPUNG

Ilham, Oktadinata (2022) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MASA PANDEMI KELAS IX MTSN 2 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER-BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Masa Pandemi Kelas IX MTSN 2 Bandar Lampung Corona Virus Disease-2019 atau COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus jenis baru bernama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus2 (SARS-COV2) yang didapati pada manusia semenjak munculnya kejadian luar biasa di kota Wuhan di Tiongkok pada Desember 2019. Oleh karena itu guru dan peserta didik dituntut untuk dapat bekerjasama agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga tujuan pendidikan bisa tercapai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode True Experimental Design. Ciri utama dari True Experimental Design adalah bahwa, sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelompok kotrol diambil secara random dari populasi tertentu. Desain yang digunakan adalah Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan adalah tes essay untuk mengukur mengukur hasil belajar peserta didik. setelah data terkumpul maka dilakukan pengolahan data menggunakan analisis statisktik dengan uji normalitas, homogenitas dan uji t. Berdasarkan hasil uji normalitas maka di peroleh hasil uji normalitas untuk Lhitung kelas eksperimen yaitu 0.168 dan kelas kontrol yaitu 0.196 sedangkan nilai untuk Ltabel(0,05) yaitu 0.220. jadi nilai yang diperoleh Ltabel ≤ Lhitung yaitu 0.168≤ 0.220 untuk kelas eksperimen dan 0.196 ≤ 0.220 untuk kelas kontrol sehingga Ho diterima dan dapat disimpulkan bahwa data hasil tes kelas kontrol dan kelas eksperimen berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Lalu menganalisis homogenitas, diketahui hasil uji homogenitas yaitu Fhitung yaitu 2.31 sedangkan untuk nilai Ftabel pada taraf nyata 5% (0.05) yaitu 2.46. Jadi nilai yang diperoleh Fhitung ≤ Ftabel yaitu 2.31 ≤ 2.46 sehingga Ho diterima. Dapat disimpulkan bahwa data tersebut homogen dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan, sehingga dapat dilakukan sebagai objek penelitian selanjutnya. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan uji t maka diperoleh Thitung yaitu 3.127 dan Ttabel yaitu 2.04 . Ternyata Thitung ≥ Ttabel yaitu 3.127 ≥ 2.04 karena thitung lebih besar dari ttabel maka Ho ditolak dan H1 diterima, iii sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pada pendekatan pemebelajaran saintifik terhadap hasil belajar mata pelajaran akidah akhlak di masa pandemi kelas IX MTSN 2 Bandar Lampung. Kata Kunci : Pendekatan Saintifik, Hasil Belajar, Di Masa Pandemi iv ABSTRACT The Effect of Scientific Approach on Learning Outcomes Moral Aqeedah Subjects During a Pandemic Class IX MTSN 2 Bandar Lampung Corona Virus Disease-2019 or COVID-19 is a disease caused by a new type of Coronavirus called Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus2 (SARS-COV2) which has been found in humans since an extraordinary event occurred in the city of Wuhan in China in December 2019. Therefore, teacher and students are required to be able to work together so that the learning process can do well so that educational goals can be achieved. The method used in this research is the True Experimental Design method. The main characteristic of the True Experimental Design is that the samples used for experiments and as a control group are taken randomly from a certain population. The design used is Posttest-Only Control Design. The instrument is an essay test to measure student learning outcomes. After the data has been collected, data processing is carried out using statistical analysis with normality, homogeneity and t tests. Based on the results of the normality test, the results of the normality test for the experimental class L count are 0.168 and the control class are 0.196, while the value for L table (0.05) is 0.220. so the value obtained by Ltable Lcount is 0.168≤ 0.220 for the experimental class and 0.196 0.220 for the control class so that Ho is accepted and it can be concluded that the test results data for the control class and the experimental class come from a normally distributed population. Then analyze the homogeneity, it is known that the results of the homogeneity test are Fcount which is 2.31 while the Ftable value at the 5% (0.05) level of significance is 2.46. So the value obtained by Fcount Ftable is 2.31 2.46 so that Ho is accepted. It can be concluded that the data is homogeneous and there is no significant difference, so it can be used as an object of further research. Based on the results of hypothesis testing using t test, it is obtained that T count is 3.127 and T table is 2.04. It turns out that Tcount Ttable is 3.127 2.04 because tcount is greater than ttable then Ho is rejected and H1 is v accepted, so it can be concluded that there is an influence on the scientific learning approach on learning outcomes of moral aqidah subjects during the pandemic class IX MTSN 2 Bandar Lampung. Keywords: Scientific Approach, Learning Outcomes, During the Pandemic

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:25
Last Modified: 18 Jul 2022 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19826

Actions (login required)

View Item View Item