IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG

RIKA, AMALIA (2022) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDIDIKAN INKLUSI DI SMP NEGERI 14 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of RIKA FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini membahas tentang implementasi kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Siswa inklusi pada dasarnya merupakan kaum rentan yang wajib mendapatkan perlindungan oleh negara. Undang-undang tentang pemenuhan penyandang disabilitas sudah banyak dibuat dan memerlukan implementasi yang tepat sasaran agar pemenuhan hak pendidikan inklusi dapat terjamin. Diantara sekian banyak hak pendidikan inklusi, salah satu diantaranya adalah hak untuk memperoleh pendidikan. Dengan terpenuhinya hak pendidikan, maka para penyandang disabilitas akan memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi setara dengan manusia lainnya dan tidak lagi menjadi kaum terasingkan. Mereka juga akan mempunyai kesempatan untuk meningkatkan taraf hidup dan keluar dari kemiskinan, karena diketahui bahwa sebagian besar penyandang disabilitas juga berasal dari kalangan ekonomi lemah. Fokus penelitian skripsi ini adalah implementasi kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung sedangkan sub fokus penelitian adalah bagaimana sosialisasi, implementasi, dan tata kelola sekolah dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Skripsi ini bertujuan (1) untuk mengetahui sosialisasi kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung, (2) untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung, (3) untuk mengetahui tata kelola sekolah dalam mengimplementasikan kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Pendekatan ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar belakang implementasi kebijakan pendidikan inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Sumber data yang diambil dari waka kurikulum, koordinator inklusi serta guru BK selaku guru pembimbing siswa inklusi di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data melalui metode: 1) Observasi, 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengecekan keabsahan data penelitian menggunakan Teknik triangulasi. Adapun langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi: 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data (data display), 3) Verifikasi Data (data verifying), dan 4) Penarikan Kesimpulan (conclusion drawing). Hasil dalam penelitian in adalah: (1) Dalam sosialisasi kebijakan pendidikan inklusi dilakukan kepada seluruh masyarakat yang ada disekolah termasuk kepada orang tua para siswa agar iv memahami bahwa sekolah menerapkan kebijakan pendidikan inklusi agar seluruh anak mendapatkan hak pendidikan tanpa dibeda-bedakan meskipun memiliki kebutuhan khusus, (2) Dalam proses mengimplementasikan kebijakan pendidikan inklusi nya SMP Negeri 14 Bandar Lampung menempatkan siswa inklusi yang memiliki kebutuhan khusus dan siswa non inklusi yang tidak berkebutuhan khusus disatu kelas yang sama tidak dipetak-petakan dan untuk kegiatan pembelajarannya disamakan tetapi materinya yang dibedakan disesuaikan dengan tingkat kecerdasan siswa inklusi tersebut, (3) Sedangkan dalam tata kelola sekolah yang dilakukan SMP Negeri 14 Bandar Lampung mengikuti juknis yang ada tetapi di sesuaikan dengan kemampuan dan kondisi sekolah, jadi dalam kebijakan pendidikan inklusi tata kelola disesuaikan dengan prinsip sekolah inklusi. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Pendidikan Inklusi v ABSTRACT This study discusses the implementation of inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Inclusive students are basically vulnerable people who are obliged to get protection by the state. Many laws regarding the fulfillment of persons with disabilities have been made and require targeted implementation so that the fulfillment of the right to inclusive education can be guaranteed. Among the many rights to inclusive education, one of them is the right to education. With the fulfillment of the right to education, persons with disabilities will have the same opportunity to be equal to other human beings and no longer be excluded. They will also have the opportunity to improve their standard of living and get out of poverty, because it is known that most people with disabilities also come from economically weak groups. The focus of this thesis research is the implementation of inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung while the sub focus of the research is how to socialize, implement, and manage school governance in implementing inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. This thesis aims (1) to determine the socialization of inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung, (2) to determine the implementation of inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung, (3) to determine school governance in implementing inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. This approach uses a qualitative approach, taking the background of implementing inclusive education policies at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Sources of data were taken from the waka curriculum, inclusion coordinator and BK teacher as the supervising teacher for inclusive students at SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Data collection techniques through the methods: 1) Observation, 2) Interview, and 3) Documentation. Checking the validity of research data using triangulation technique. The steps taken in this research include: 1) Data reduction, 2) Data presentation (data display), 3) Data verification (data verifying), and 4) Conclusion drawing. The results in this study are: (1) In the socialization of inclusive education policies, it is carried out to all communities in schools including parents of students in order to understand that schools implement inclusive education policies so that all children get vi the right to education without being discriminated against even though they have special needs, (2) In the process of implementing the inclusive education policy, SMP Negeri 14 Bandar Lampung places inclusive students who have special needs and non-inclusive students who do not have special needs in the same class not mapped out and for learning activities the same but the different materials are adjusted to the level the intelligence of these inclusive students, (3) While in school governance carried out by SMP Negeri 14 Bandar Lampung, it follows the existing technical guidelines but is adjusted to the abilities and conditions of the school, so in inclusive education policies, governance is adjusted to the principles of inclusive schools. Keywords: Policy Implementation, Inclusive Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 18 Jul 2022 03:22
Last Modified: 18 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19824

Actions (login required)

View Item View Item