EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN TILAWATIL QUR’AN DI UKM HIQMA UIN RADEN INTAN LAMPUNG

Usmaleni, Tifani (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN TILAWATIL QUR’AN DI UKM HIQMA UIN RADEN INTAN LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI USMALENI TIFANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Tilawah artinya membaca Al-Qur’an dengan bacaan yang menjelaskan huruf-hurufnyayang berhati-hati dalam melafalkan bacaannya, agar lebih mudahmemahami makna yang terkandung didalamnya. UKM HIQMA UIN Raden IntanLampung merupakan wadah untuk mempelajari seni baca Al-Qur’an. Pada UKMHIQMA terutama bagi anggota baru masih terdapat mahasiswa yang belum mengetahui seni baca Al-Qur’an yang yang baik dan benar seperti apa, sehingga dalam pembelajarannya dilakukan secara bertahap sesuai dengan tingkatannya, tujuannya diharapkan agar pembelajaran dapat berjalan efektif dengan segala keterbatasannya. Rumusan masalah ”Apakah Penggunaan Aplikasi WhatsApp efektif dalam pembelajaran tilawatil Qur’an di UKM HIQMA UIN Raden Intan Lampung?” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi WhatsApp efektif dalam pembelajaran tilawah Qur’an di UKM HIQMA UIN Raden Intan Lampung yang semula dilakukan secara langsung dan beralih ke pembelajaran daring selama pandemi covid. Metodelogi Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptifkualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display data, perifikasi atau kesimpulan data. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Objek penelitian hanya ditunjukkan kepada anggota UKM HIQMA yang masih aktif dan tergabung dalam grup whatsapp yang diketahui bahwa jumlah anggota UKM HIQMA berjumlah 173, sedangkan untuk anggota yang masih aktif dan tergabung dalam grup whatsapp berjumlah 22 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tilawah yang dilakukan melalui penggunaan apliksi whatsapp yaitu melalui pemanfaatan fitur voice note, perekam suara, dan video kurang berjalan dengan baik dan kurang efektif. Hal tersebut terlihat dari antusias peserta dalam merespon apa yang disampaikan pelatih dalam memberikan pembelajaran yang diberikan berupa voice note dalam memberikan contoh tilawah ang selanjutnya diikuti anggota secara iii satu per satu yang kurang, disebabkan terkadang ada beberapa anggota yang terkendala oleh jaringan sehingga kurang menyimak apa yang disampaikan dan di contohkan pelatih, sehingga hanya beberapa anggota yang ditunjuk yang kerap mengikuti apa yang dicontohkan pelatih, Serta kurangnya motivasi dari anggota pada saat mengikuti pelatihan secara virtual pada aplikasi whatsapp yang hanya sekedar menyimak saja dan tidak aktif pada saat pelatih meminta untuk saling bergantian membacakan atau menirukan apa yang telah dicontohkan. Kata Kunci: Efektivitas, Tilawah, dan Aplikasi What

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 15 Jul 2022 03:04
Last Modified: 15 Jul 2022 03:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19794

Actions (login required)

View Item View Item