PERANAN BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH (BPPRD) DALAM MENINGKATKAN PAD KOTA BANDAR LAMPUNG DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2017-2021

Raden, Atmajaya (2022) PERANAN BADAN PENGELOLA PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH (BPPRD) DALAM MENINGKATKAN PAD KOTA BANDAR LAMPUNG DITINJAU MELALUI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM TAHUN 2017-2021. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pendapatan Asli Daerah (PAD) adalah pendapatan yang diperoleh daerah yang dipungut berdasarkan peraturan daerah sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Dengan adanya Undang�Undang No. 34 Tahun 2000 tentang tentang Pajak Daerah. Salah satu PAD diharapkan menjadi salah satu sumber pembiyaan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah, untuk meningkatkan dan memeratakan kesejahteraan masyarakat salah satunya adalah pajak daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peranan Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) dalam meningkatkan PAD Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian terkategori field research ini bersifat deskriftip analisis, yaitu suatu metode penelitian dengan mengumpulkan data-data yang telah disusun, dijelaskan, dianalisis, dan kemudian diperoleh kesimpulan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melakukan survey, dokumentasi dan wawancara mendalam (dept interveiw). Hasil penelitian menunjukkan bahwa target penerimaan pajak daerah tidak pernah terealisasi dari tahun 2017-2021. Disinyalir masih adanya wajib pajak yang menunggak membayar pajak dan melakukan manipulasi, serta ketidakjujuran petugas penagih pajak. Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah dalam menyadarkan wajib pajak seperti yang telah disebutkan di atas dan upaya-upaya yang telah ditetapkan belum terlaksana dengan baik karena target belum terealiasasi. Kata kunci: Peranan; Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah; Pendapatan Asli Daerah, Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2022 03:29
Last Modified: 12 Jul 2022 03:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19770

Actions (login required)

View Item View Item