YUNI, UTAMI (2022) PEMBEL STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PANDEMI COVID19 DI SDN 01 GEDUNG JAYA NEGARA BATIN WAY KANAN. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (849kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SDN 01 GEDUNG JAYA NEGARA BATIN WAY KANAN Oleh YUNI UTAMI NPM 1986108005 Strategi pembelajaran PAI dimasa pandemi menjadi sangat penting dalam proses belajar mengajar, karena, Strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efesien. Berkaitan dengan hal ini guru di SDN 01 Gedung Jaya telah melakukan langkah-langkah pembelajaran dengan baik dan dapat meningkatkan kualitas pencapaian hasil pembelajaran. Penelitian ini bertujuan, (1) mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran pada masa pandemi covid 19 dalam pembelajaran pai di SDN 01 Gedung Jaya, (2) menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pada masa pandemi covid 19 di SDN 01 Gedung Jaya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu, guru mata pelajaran PAI, kepala sekolah dan peserta didik dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi melalui langkah-langkah analisis data yaitu pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, startegi dalam pembelajaran dimasa pandemi dilakukan melalui langkah-langkah diantaranya; Penerapan strategi pembelajaran yaitu; ekspositori, inkuir, menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran, metode pembelajaran berupa; ceramah, tanya jawab, demonstrasi, media pembelajaran offline (bahan ajar, LKS modul) dan online (whatshapp) (2) faktor pendukung dan menghambat pembelajaran pada masa pandemi: (a) faktor ii pendukung diantaranya: SDM pendidik yang memadai hal ini menjadikan pengetahuan guru cukup luas baik dalam penguasaan materi PAI maupun dengan penguasaan teknologi. (b) faktor penghambat diantaranya; minimnya fasilitas gadget/leptop yang dimiliki peserta didik dan orang tua peserta didik, keterbatasan sarana dan prasana karena pembelajaran dilakukan dirumah peserta didik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama islam |
Divisions: | Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 07 Jul 2022 06:53 |
Last Modified: | 07 Jul 2022 06:53 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19754 |
Actions (login required)
View Item |