PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT QURROTA A’YUN 3 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG

FITRI, YANI (2022) PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TKIT QURROTA A’YUN 3 SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kognitif adalah proses berpikir dan berhubungan dengan tingkat kecerdasan yang sangat ditentukan oleh manipulasi dan interaksi aktif anak dengan lingkungan, yaitu kemampuan menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan suatu peristiwa atau peristiwa. Media pembelajaran untuk anak usia dini sangatlah luas, tidak hanya media yang sengaja dirancang oleh guru, tetapi benda apapun dapat dijadikan media pembelajaran selama benda tersebut memiliki nilai pendidikan. Maka permasalahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media pembelajaran dalam mengembangkan kognitif anak di TKIT Qurrota A’yum 3 Sukabumi Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemanfaatan media pembelajaran dalam mengembangkan kognitif anak usia 4-5 tahun di TKIT Qurrota A’yun 3 Sukabumi Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan subjek penelitian anak kelas A yang berjumlah 15 peserta didik, kepala sekolah dan 2 guru. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode observasi sebagai pokok metode, metode wawancara untuk mengetahui sejauh mana pemanfaatan media pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan kognitif anak, dan metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Data analisis menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat penulis simpulkan bahwa perkembangan kognitif anak kelas A di TKIT Qurrota A’yun 3 Sukabumi Bandar Lampung sudah mulai berkembang melalui media pembelajaran kognitif yang digunakan, hal ini terlihat sebagian anak bersemangat dan antusias mengikuti setiap kegiatan pembelajaran yang diberikan guru melalui berbagai media pembelajaran kognitif seperti puzzle, lego, balok dan sebagainya. Anak sudah mencapai indikator perkembangan kognitif yaitu anak dapat membandingkan ukuran benda, mengelompokkan benda berdasarkan bentuk dan warna, mengurutkan benda berdasarkan ukurannya, membuat suatu karya sesuai dengan imajinasinya, dan mengidentifikasi benda sesuai bentuk. Kata Kunci : Perkembangan Kognitif, Media Pembelajaran iii ABSTRACT Cognitive is a thought process and relates to the level of intelligence which is largely determined by the manipulation and active interaction of children with the environment, namely the ability to connect, assess and consider an event or events. Learning media for early childhood is very broad, not only media deliberately designed by teachers, but any object can be used as learning media as long as the object has educational value. So the problem that the author formulates in this study is how to use learning media in developing children's cognitive at TKIT Qurrota A'yum 3 Sukabumi Bandar Lampung. The purpose of this study was to determine the use of learning media in developing the cognitive development of children aged 4-5 years at TKIT Qurrota A'yun 3 Sukabumi Bandar Lampung. This study uses a qualitative research type with the research subjects being class A children, totaling 15 students, the principal and 2 teachers. Data collection tools in this study using observation, interviews and documentation. The observation method as the main method, the interview method to determine the extent to which the use of learning media can develop children's cognitive abilities, and the documentation method as a support in research. Data analysis uses data reduction, data display and verification/drawing conclusions. The results of the study can be concluded that the cognitive development of grade A children at TKIT Qurrota A'yun 3 Sukabumi Bandar Lampung has begun to develop through the cognitive learning media used, it can be seen that some children are enthusiastic and enthusiastic about participating in every learning activity given by the teacher through various learning media. cognitive skills such as puzzles, legos, blocks and so on. Children have reached cognitive development indicators, namely children can compare the size of objects, group objects by shape and color, sort objects by size, make a work according to their imagination, and identify objects according to shape. Keywords: Cognitive Development, Learning Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:55
Last Modified: 07 Jul 2022 03:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19748

Actions (login required)

View Item View Item