PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PELITA PESAWARAN LAMPUNG T.P. 2021-2022

SITI, MAHMUDAH (2022) PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PELITA PESAWARAN LAMPUNG T.P. 2021-2022. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I dan V.pdf] PDF
Download (243kB)
[thumbnail of PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PELITA   PESAWARAN LAMPUNG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK PELITA PESAWARAN LAMPUNG T.P. 2021-2011 Oleh Siti Mahmudah ( 1986108014 ) Pembelajaran daring merupakan salah satu alternatif dalam pembelajaran dimasa pandemic Covid-19. Hal tersebut dapat menciptakan efektivitas dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan fokus dan sub fokus yang telah dipaparkan dalam penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam. Oleh karenai itu peneliti merasa perlu untuk mendalami lebih jauh bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan dan penilaian pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di SMK Pelita Pesawaran Lampung. Jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala bidang kurikulum,dan guru PAI. Metode pengumpulsn data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian pembelajaran daring pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Pelita Pesawaran Lampung menyesuaikan dengan kebijakan pemerintah. Perencanaan pembelajaran daring yang dibuat guru meliputi program tahunan, program semester, silabus dan RPP berdasarkan kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik . Kemudian pelaksanaan pembelajaran daring merupakan implementasi dari RPP yang telah disusun. Kemudian penilaian pembelajaran daring pada mata pembelajaran PAI dimulai dari aktifitas pretes dan post tes, aktivitas proses serta penilaian dari tes formatif dan sumatif. Pembelajaran daring pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMK Pelita Pesawaran memiliki beberapa permasalahan. Masalah yang dihadapi guru yaitu guru merasa lelah dan jenuh karena harus meluangkan waktunya hampir 24 jam dalam pembelajaran khususnya dalam menunggu pengumpulan tugas, guru tidak dapat mengawasi proses pembelajaran secara menyeluruh, serta media pembelajaran belum memiliki fasilitas yang ideal .Masalah yang dihadapi oleh peserta didik yaitu masih ada beberapa peserta didik yang terkendala jangkauan sinyal, kapasitas penyimpanan gawai yang terbatas, belum memiliki gawai sendiri, dan kurang motivasi (pembelajaran terasa hambar karena tidak mendengarkan penjelasan dari gurun secara langsung) Kata kunci : Pembelajaran, Daring, PAI, SMK

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:41
Last Modified: 06 Jul 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19738

Actions (login required)

View Item View Item