MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI METODE STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) BERBASIS LOOSE PARTS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU KEBUMEN KEC. SUMBEREJO KAB. TANGGAMUS LAMPUNG

ROHIMATUL, MISNI (2022) MENINGKATKAN KREATIVITAS MELALUI METODE STEAM (SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, ART, AND MATHEMATICS) BERBASIS LOOSE PARTS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MUSLIMAT NU KEBUMEN KEC. SUMBEREJO KAB. TANGGAMUS LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROHIMATUL MISNI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Kreativitas merupakan salah satu keterampilan yang sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini. Dengan adanya kreativitas seseorang akan memunculkan sebuah gagasan maupun produk baru, atau mencampurkan kedua hal tersebut yang nantinya akan melekat pada seseorang tersebut. Untuk mengembangkan kreativitas tersebut sudah seharusnya guru dapat menggunakan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang menarik sebagai sarana untuk menyampaikan materi pembelajaran yang akan disampaikan agar anak menjadi lebih tertarik dan merasa senang untuk mempelajarinya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah metode STEAM berbasis loose parts dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU Kebumen Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus Lampung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc. Tanggart yang meliputi empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianggap berhasil apabila 75% anak, tingkat kreativitasnya berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB) dan berkembang sesuai harapan (BSH). Teknik analisis datanya dianalisis secara kualitatif, pemeriksaan datanya dapat dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan di TK Muslimat NU Kebumen Tanggamus didapatkan adanya peningkatan kreativitas anak usia 4-5 tahun melalui metode STEAM berbasis loose parts, dapat dibuktikan dari hasil pra penelitian peserta didik yang mencapai standar penilaian berkembang sangat baik (BSB) terdapat 0 anak atau (0%), kemudian pada Siklus I anak yang memiliki kreativitas berkembang sangat baik (BSB) belum mengalami penambahan yaitu 0 anak atau (0%), Siklus II bertambah menjadi 6 anak atau (37,5%), dan pada Siklus III bertambah lagi menjadi 12 anak atau (75%) yang berkembang sangat baik (BSB). Rekomendasi pada penelitian ini adalah bagi sekolah diharapkan dapat memfasilitasi media-media pembelajaran terutama media loose parts, mengadakan kegiatan yang dapat mengembangkan kreativitas anak. Sedangkan bagi guru sebaiknya mengikuti pelatihan metode pembelajaran terutama metode STEAM dan merencanakan kegiatan yang lebih bervariasi untuk anak. iii Dan rekomendasi bagi peneliti selanjutnya untuk menindaklanjuti penggunaan metode STEAM dan media loose parts dan mempersiapkan media loose parts yang lebih bervariasi agar kreativitas anak dapat berkembang optimal. Kata Kunci : Kreativitas, STEAM, Loose Parts iv ABSTRACT Creativity is one of the most important skills to be developed from an early age. With the creativity of a person will bring up an idea or a new product, or mix the two things that will be attached to the person. To develop this creativity, teachers should be able to use interesting learning methods and learning media as a means to convey the learning material to be delivered so that children become more interested and feel happy to learn it. The purpose of this study was to determine whether the loose parts-based STEAM method could increase the creativity of children aged 4-5 years in TK Muslimat NU Kebumen Kec. Sumberejo Kab. Tanggamus Lampung. The research method used in this research is Classroom Action Research with Kemmis and Mc. Tanggart which includes four stages, namely planning, action, observation, and reflection. This study consisted of 3 cycles, each cycle consisting of 3 meetings. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. This research was considered successful if 75% of the children, their creativity level was in the criteria of very good development (BSB) and developing according to expectations (BSH). The data analysis technique is analyzed qualitatively, the data examination can be done by data reduction steps, data presentation, and drawing conclusions and verification. The results of research that has been carried out at TK Muslimat NU Kebumen Tanggamus found an increase in the creativity of children aged 4-5 years through the STEAM method based on loose parts, it can be proven from the results of the pre-study that students who achieved the assessment standard developed very well (BSB) there were 0 children or (0%), then in Cycle I children who have very well developed creativity (BSB) have not experienced an increase, namely 0 children or (0%), Cycle II increased to 6 children or (37.5%), and in Cycle III increased again to 12 children or (75%) who developed very well (BSB). The recommendation in this study is for schools to be able to facilitate learning media, especially loose parts media, to hold activities that can develop children's creativity. Meanwhile, teachers should attend training in learning v methods, especially the STEAM method and plan more varied activities for children. And recommendations for further researchers to follow up on the use of the STEAM method and loose parts media and prepare more varied loose parts media so that children's creativity can develop optimally. Keywords: Creativity, STEAM, Loose Parts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 07:30
Last Modified: 06 Jul 2022 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19737

Actions (login required)

View Item View Item