PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF NU 04 DARURROHMAH SUKADANA LAMPUNG TIMUR

ROHMATUL, FITRIANI (2022) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP MA’ARIF NU 04 DARURROHMAH SUKADANA LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI ROHMATUL FITRIANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK SMP Ma’arif Nu 04 Darrurohmah ini melakukan pembelajaran daring dilakukan sejak ada kebijakan dari pemerintah untuk melakukan WFH (Work From Home) atau bekerja di rumah, pada bulan Maret 2020 ketika covid dikabarkan sudah melanda di Indonesia. Sistem pembelajaran daring ini menjadi suatu alternatif untuk sekolah SMP Ma’arif NU 04 Darrurohmah agar mereka tetap bisa belajar dan guru tetap bisa mengajar. Smp ma’arif ini menggunaka sebuah aplikasi WhatsApp untuk pembelajaran. Guru memberikan tugas atau memfotokan materi lalu dikirimkan lewat group whatsapp sesuai dengan kelas masing-masing. Untuk sistem pembelajaran daring ini smp ma’arif tidak menggunakan sistem sift, melainkan sesuai dengan jadwal mata pelajaran yang sudah dibuat oleh waka kurikum. Hasil belajar adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh peserta didik dari memperoleh suatu proses belajar baik berupa intelektual atau perubahan dari tingkah laku peserta didik. Dalam berhasil atau tidaknya kegiatan pembelajaran ini bisa kita lihat dari prestasi yang sudah dicapai oleh peserta didiknya.Yang mempengaruhi hasil belajar peserta didik ini tidak hanya dari faktor intelektual saja melainkan terdapat banyak sekali yaitu bisa karena faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa atau bisa dari faktor eksternal yang berasal dari luar siswa (lingkunganya). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif deskriptif dimana pengumpulan datanya ini menggunakan teknik angket/kuesioner. Serta menganalisis datanya menggunakan Regresi Lininer Sederhana. Berdasarkan hasil dari penelitian ini penelitian ini uji hipotesis menggunakan uji regresi linier sederhana dimana jika dilihat dari data yang sudah duiji bahwa analisis data dapat diketahui bahwa nilai sig, sebesar 0,033 sehingga nilai sig lebih kecil dari nilai alpha 0,05, maka H0 ditolak dan H1 direrima. Maka dengan demikian dapat dikatakan adanya pengaruh yang signifikan antara pembelajaran daring dengan hasil belajar peserta didik di SMP Ma’aruf NU 04 Darrurohmah sebesar 9%, dipengaruhi oleh pembelajarann daring, sementara 91% dipengaruhi oleh faktor kadaan lain, seperti faktor dari lingkungannya, faktor psikologis peserta didik dan faktor luar lainya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menerima H1 : ρ ≠ 0 dan menolak H0 : ρ = 0. Kata Kunci : Pengaruh Pembelajaran Daring

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 05:02
Last Modified: 06 Jul 2022 05:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19736

Actions (login required)

View Item View Item