EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI AYAT TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL QURAN PESERTA DIDIK KELAS 5 SD AL QUR’AN DARUL FATAH KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO

Alfina, Emarda Sari (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI AYAT TERHADAP PENINGKATAN HAFALAN AL QURAN PESERTA DIDIK KELAS 5 SD AL QUR’AN DARUL FATAH KECAMATAN BANDAR SRIBHAWONO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ALFINA ERMADA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang muncul bagi para peserta didik yang memiliki rentan usia 10-11 tahun terkait dengan menghafalkan Al Qur’an, yaitu metode/media yang digunakan haruslah menarik minat mereka. Peneliti melakukan penelitian dengan penggunaan Aplikasi Ayat sebagai sarana media untuk mempermudah hafalan Al Qur’an peserta didik kelas 5 SD Al Qur’an Darul Fatah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penggunaan aplikasi Ayat efektif terhadap peningkatan hafalan Al Qur’an peserta didik kelas 5 SD Al Qur’an Darul Fatah?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Efektivitas Penggunaan Aplikasi Ayata terhadap Peningkatan Hafalan Al Qur’an Peserta Didik kelas 5 SD Al Qur’an Darul Fatah Kecamatan Bandar Sribhawono. Penelitian ini menggunakan pendekatakan kuantitaitf menggunakan model Quasi Eksperimen, pretest-posttest design dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas Sofa sebagai kelas eksperiment (menggunakan aplikasi Ayat) dan kelas Makkah sebagai kelas kontrol (system hafalan dari rumah). Pada pengumpulan data peneliti menggunakan tes hafalan/lisan, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan perhitungan uji Independent sample t-test didapatkan nilai Sig. 0,001 pada kelas eksperiment dan kelas kontrol maka Ha diterima. Maka bisa disimpulkan bahwasanya terdapat efektivitas penggunaan aplikasi Ayat terhadap Peningkatan Hafalan Al Qur’an peserta didik kelas 5 SD Al Qur’an Darul Fatah Kecamatan Bandar Sribhawono. Kata Kunci : Efektivitas, Aplikasi, Hafalan Al-Qur’an iii ABSTRACT A problem that arises for students who are aged 10-11 years is related to memorizing the Qur'an, namely the method/media used must attract their interest. Researchers conducted research by using the Verse Application as a media tool to facilitate the memorization of the Qur'an for 5th grade students of Al Qur'an Darul Fatah Elementary School. The formulation of the problem in this study is: Is the use of the Verse application effective in increasing the memorization of the Qur'an for 5th grade students of Al-Qur'an Elementary School Darul Fatah?. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the use of the Ayata application on improving the memorization of the Qur'an in 5th grade students of SD Al Qur'an Darul Fatah, Bandar Sribhawono District. This study uses a quantitative approach uses a model Quasi Experiment, pretest-posttest deisgn using 2 classes, namely the Sofa class as the Experiment Class (using the Ayat application) and the Makkah class as the Control Class (memorization system from home). For the collection using oral memorization tests, interviews, and documentation. Based on the calculation of the Independent sample t-test, the value of Sig. 0,001 in the experimental class and control class then Ha is accepted. So it can be concluded that there is an effectiveness in using the Verse application to improve the memorization of the Qur'an for 5th grade students of SD Al Qur'an Darul Fatah, Bandar Sribhawono District. Keywords: Effectiveness, Application, Memorizing Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 04:55
Last Modified: 06 Jul 2022 04:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item