PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 PESAWARAN

ANDRAINI, ANISA (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 PESAWARAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI ANDRAINI ANISA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE PEMBELAJARAN VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII MTs NEGERI 2 PESAWARAN Oleh Andraini Anisa Fondasi instruktif yang sengaja dikoordinasikan guna meneruskan dan menumbuhkan informasi, kemampuan dan bakat oleh usia yang lebih berpengalaman ke masa depan, melalui pelatihan sebagai orang yang berusaha untuk bekerja secara adil dan jujur. Rendahnya hasil belajar siswa, disebabkan karena proses pembelajaran masih berpusat hanya pada pendidik atau metode, strategi dan metode yang digunakan kurang bervariasi. Di MTsN 2 Pesawaran hasil belajar Akidah Akhak kelas VIII masih terbilang rendah. Oleh sebab itu peneliti menggunakan metode, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran value calarification technique (VCT) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII di MTsN 2 Pesawaran. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan pendekatan kuantitatif analisis data bersifat Statistik, design yang digunakan adalah non-equivalent control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas VIII A sebagai kelas Eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan tes berupa pilihan ganda untuk aspek hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil penelitian yang dihitung dengan uji uji independent sampel t-test dari hasil posttest kelas kontrol dengan nilai sebesar 53.33 sedangkan kelas eksperimen 78.00 memperoleh thitung = 5.898 > dari ttabel = 0,000 atau nilai Sig < a yaitu 0,000 < 0,5 Artinya terdapat pengaruh metode pembelajaran value calarification technique (VCT) terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII di MtsN 2 Pesawaran. iii ABSTRACT THE EFFECT OF VALUE CLARIFICATION TECHNIQUE (VCT) LEARNING METHODS ON LEARNING OUTCOMES OF AKIDAH AKHLAK STUDENTS OF CLASS VIII MTs NEGERI 2 PESAWARAN By Andraini Anisa Deliberately coordinated instructive foundation for transmitting and cultivating information, abilities and talents by a more experienced age into the future, through training as a person who strives to work fairly and honestly. The low student learning outcomes, due to the learning process is still centered only on educators or methods, strategies and methods used are less varied. At MTsN 2 Pesawaran the learning outcomes of Akidah Akhak class VIII are still relatively low. Therefore, the researcher uses the method, which aims to determine the effect of the value calarification technique (VCT) learning method on learning outcomes of Akidah Akhlak class VIII at MTsN 2 Pesawaran. This type of research is a quasi-experimental using a quantitative approach to statistical data analysis, the design used is a non-equivalent control group design. Sampling in this study used a purposive sampling technique with class VIII A as the experimental class and class VIII B as the control class. The instrument in this study used a multiple choice test for aspects of cognitive learning outcomes. Based on the results of the study calculated by the independent sample t�test test from the posttest results of the control class with a value of 53.33 while the experimental class 78.00 obtained tcount = 5.898> from ttable = 0.000 or the value of Sig <a is 0.000 <0.5 This means that there is an effect of the method learning value calarification technique (VCT) on learning outcomes of Akidah Akhlak class VIII at MtsN 2 Pesawaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2022 03:42
Last Modified: 06 Jul 2022 03:42
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19729

Actions (login required)

View Item View Item