MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 MENGGALA TULANG BAWANG

YURINA, Herman (2022) MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VII DI SMP NEGERI 3 MENGGALA TULANG BAWANG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL YURINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang masalah yang terlihat dalam penelitian ini yaitu masih banyak peserta didik yang mengalami ketakutan ketika menyampaikan pendapat di depan umum, ketika diberikan pertanyaan oleh guru, peserta didik banyak yang terdiam tunduk. Sehingga menyebabkan kurang nya percaya diri peserta didik. Role Playing (bermain peran) adalah cara memberikan pengalaman kepada anak melalui bermain peran, yaitu anak diminta memainkan peran tertentu. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan percaya diri peserta didik dengan menggunakan Metode Role Playing pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 3 Menggala Tulang Bawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu jenis penelitian yang dilakukan oleh pendidik untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelasnya. Dalam konsep PTK terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan repleksi. Berdasarkan analisis data penelitian yang telah penulis lakukan dapat diketahui bahwa setelah menggunakan Metode Role Playing dalam proses belajar mengajar mengalami perubahan yang sangat baik. Ketika prasurvei percaya diri peserta didik rata-rata skor sebesar 54%. Pada siklus I rata-rata skor mencapai 65%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 85%. Berdasarkan hasil yang diperoleh bahwa Metode Role Playing dapat meningkatkan percaya diri peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 3 Menggala Tulang Bawang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 07:01
Last Modified: 05 Jul 2022 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19725

Actions (login required)

View Item View Item