PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS APPGEYSER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

IRHAM, MUNANDA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS APPGEYSER DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI IRHAM MUNANDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang masih menggunakan media pembelajaran yang masih belum memaksimalkan teknologi, yaitu menggunakan media pembelajaran yang disedia oleh sekolah terutama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Berdasarkan hasil wawancara dengan pendidik di SMP PG Bunga Mayang kecamatan Bunga Mayang kabupaten Lampung utara, masalah yang dihadapi pada saat pembelajaran khusus mata pelajaran Pendidikan agama islam adalah masih menggunakan buku paket yang disediakan oleh sekolah saja dalam proses pembelajaran, serta pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik merasa bosan dengan pelajaran yang seperti itu saja yang hanya monoton dengan menggunakan buku pembelajaran yang dibagikan dari sekolah saja. Oleh karena masalah tersebut peneliti tertarik untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis appgeyser. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis appgeyser di sekolah menengah pertama. Dan untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan media pembelajaran tersbut, serta bagaimana tanggapan ahli media dan ahli materi terhadap media pembelajaran berbasis appgeyser, dan untuk mengetahui bagaimana respon peserta didik terkait media pembelajaran yang telah dikembangkan serta untuk mengetahui kemenarikkan media pembelajaran berbasis appgyeser tersebut dengan menggunakan materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa dinasti umayyah, dikelas VIII SMP PG Bunga Mayang.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian RnD (research and development) dengan model penelitian ADDIE (analysis, desaign, development, implement, evaluate). Subjeknya yaitu peserta didik kelas VIII SMP PG Bunga Mayang. Data penelitian diperoleh dari wawancara, angket, observasi, dan dokumentasi. Hasil penilaian validasi ahli media mendapatkan rata-rata keseluruhan 92,22% yang memiliki kriteria “sangat layak”. Dan hasil penilaian ahli meteri mendapatkan rata-rata prensentase keseluruhan 77,27% dengan kriteria “layak”. Selain itu, pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis appgeyser dinyatakan menarik oleh pendidik dan peserta didik untuk digunakan sebagai media pembelajaran mandiri oleh peserta didik, hal ini dapat dilihat dari respon pendidik dan peserta didik. Hasil penilaian respon kemenarikan media pembelajaran dari pendidik dengan presentase 91,07% dengan kriteria “sanagat menarik”. Dan hasil respon kemenarikan peserta didik SMP PG Bunga Mayang memperoleh presentase rata-rata 92,79% yang memiliki kriteria “sangat menarik”.Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis appgeyser di sekolah menengah pertamayang dilakukan di SMP PG Bunga Mayang, atas penelian ahli media berserta ahli materi layak digunakan. Serta terkait dengan respon peserta didik yang dihasilkan dari rekapitulasi data uji kemenerarikan mendapatkan respon sangat menarik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, berbas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:04
Last Modified: 05 Jul 2022 04:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19711

Actions (login required)

View Item View Item