PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTs AL-KHAIRIYAH SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN

JUNAIDI, Yusuf (2022) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL BERBANTU STRATEGI CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS VIII DI MTs AL-KHAIRIYAH SIDOMULYO LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI JUNAIDI..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Media pembelajaran yang dirancang dengan baik akan lebih membantu peserta didik dalam mencapai hasil belajar yang tinggi. Namun fakta di lapangan menunjukkan bahwa guru belum maksimal menggunakan media pembelajaran sehingga peserta didik cenderung mendapatkan hasil belajar yang rendah. Hasil belajar peserta didik perlu ditingkatkan salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran audio visual berbantuan strategi crossword puzzle. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media audio visual berbantuan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik. Metode penelitian quasi eksperimen dengan postest only control group design. Populasi penelitian mencakup seluruh peserta didik kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Sidomulyo dengan sampel kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrumen penelitian yaitu tes berbentuk multiple choice dengan ranah kognitif C1-C4. Data postes dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 17.0. Hasil uji independent sample t-test menunjukkan bahwa p-value 0,03<0,05 sehingga H1 diterima. Artinya ada pengaruh media audio visual berbantuan strategi crossword puzzle terhadap hasil belajar peserta didik. Rata-rata hasil belajar peserta didik dengan pembelajaran dengan menggunakan audio visual berbantuan strategi crossword puzzle lebih tinggi dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Crossword Puzzle, Hasil Belajar, Media Audio Visual iii ABSTRACT Well-designed learning media will further assist students in achieving high learning outcomes. However, the facts on the ground show that teachers have not been maximal in using learning media so that students tend to get low learning outcomes. Student learning outcomes need to be improved, one of which is the use of audio-visual learning media assisted by a crossword puzzle strategy. The purpose of this study was to determine whether or not there was an effect of audio�visual media assisted by a crossword puzzle strategy on student learning outcomes. Quasi-experimental research method with posttest only control group design. The study population included all students of class VIII at MTs Al-Khairiyah Sidomulyo with a sample of class VIII B as the control class and VIII C as the experimental class. The data collection technique used a test with a research instrument, namely a multiple choice test with a cognitive domain of C1-C4. Post-test data were analyzed using independent sample t-test with the help of SPSS 17.0. The results of the independent sample t-test showed that the p�value was 0.03 <0.05 so that H1 was accepted. This means that there is an effect of audio-visual media assisted by a crossword puzzle strategy on student learning outcomes. The average learning outcomes of students with learning using audio-visual aided crossword puzzle strategy is higher than conventional learning media. Keywords: Crossword Puzzle, Learning Outcomes, Audio Visual Media

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2022 03:22
Last Modified: 05 Jul 2022 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item